Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peranan guru pendidikan Agama Islam dalam membangun interaksi pembelajaran kelas VII Siswa SMP N 8 Metro

Agustiningsih, Dian (2019) Peranan guru pendidikan Agama Islam dalam membangun interaksi pembelajaran kelas VII Siswa SMP N 8 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 066.FTIK.2019.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam sangat penting bagi siswa dimana pertumbuhan dan perkembangan siswa sangat memerlukan tuntunan, bimbingan dan dorongan serta pengarahan agar anak dapat menguasai dan mengamalkan ajaran Islam secara utuh. Seorang guru dalam mengajar harus memberikan keteladanan dan ikhlas dalam memberikan bimbingan terhadap siswa nya. Sebab dengan jiwa yang ikhlas tersebut ilmu yang diberikan akan mudah diterima dan akan membentuk interaksi dalam pembelajaran kepada siswa. Seorang guru wajib memberikan suri teladan dan senantiasa mencurahkan perhatiannya terhadap proses belajar mengajar agar siswa nya memiliki pengetahuan, perilaku serta keterampilan untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dan membuat interaksi antara guru dan peserta didik terjalin dengan baik.

Pertanyaan penelitian adalah bagaimana peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun interaksi pembelajaran kelas VII Siswa SMP N 8 Metro ?, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru PAI dalam membangun interaksi pembelajaran dan untuk mengetahui peranan guru PAI dalam membangun interaksi pembelajaran kelas VII siwa SMP N 8 Metro. Manfaat penelitian ini bagi guru agar senantiasa meningkatkan tanggung jawab dan kualitas kinerja guru dalam proses belajar mengajar. Bagi siswa untuk lebih meningkatkan semangat belajar dan tidak ribut saat pembelajaran agar terciptanya interaksi yang baik. dan bagi penulis penelitian ini diharapkan menjadi informasi yang berharga dalam rangka lebih memahami akan fungsi sebagai seorang guru yang dituntut Professional dalam proses belajar mengajar. Untuk mendapatkan data-data dalam penelitian ini, digunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisa data kualitatif.

Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara yang penulis lakukan, maka dapat disimpulkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun interaksi pembelajaran dapat dikatakan baik, yaitu guru mampu menguasai materi pembelajaran dan mampu membuat siswa lebih tertarik dengan materi pembelajaran, yaitu dengan menggunakan berbagai macam media dan metode yang bervariasi pada saat proses pembelajaran sehingga menciptakan interaksi yang baik antara guru dan siswa untuk mencapai sutu tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 10 Oct 2019 06:36
Last Modified: 10 Oct 2019 06:36
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/100

Actions (login required)

View Item View Item