Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membiasakan Siswa Shalat Berjamaah Di SMA Negeri 1 Pekalongan

Anggraini, Rani (2024) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membiasakan Siswa Shalat Berjamaah Di SMA Negeri 1 Pekalongan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
RANI ANGGRAINI_2001010042.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Keberhasilan proses pembiasaan shalat berjamaah sangat ditentukan oleh upaya guru, upaya merupakan usaha atau ikhtiar untuk menyelesaikan suatu tugas, menyelesaikan suatu permasalahan, serta menemukan solusi. Latar belakang penelitian ini adalah shalat berjamaah saat ini kurang diikuti oleh siswa, masih banyak siswa yang ketika waktunya shalat berjamaah tiba malah sembungi di kantin, ada juga yang bermain di halaman sekolah padahal adzan sudah berkumandang, dan bagi yang perempuan banyak yang beralasan sedang berhadas padahal tidak sedang berhadas. Guru Pendidikan Agama Islam sudah melakukan upaya-upaya untuk menumbuhkan kesadaran beragama pada siswa siswi namun realitasnya tidak semua upaya tersebut berjalan sebagaimana yang diharapkan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa sebanyak 2 orang yaitu ketua osis dan ketua rohis, sedangkan sumber data sekunder adalah kepala sekolah. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membiasakan siswa shalat berjamaah sudah terlaksana yaitu memberikan contoh dan teladan, memberikan nasihat, membiasakan shalat berjamaah, menegakkan kedisiplinan, serta memberikan motivasi dan dorongan. Faktor pendukung dalam membiasakan siswa shalat berjamaah adalah adanya kerja sama yang baik antara kepala sekolah dan guru pendidikan Agama Islam dan adanya tata tertib sekolah. Faktor yang menjadi penghambat dalam membiasakan siswa shalat berjamaah adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap pentingnya shalat berjamaah, perilaku siswa, personil guru kurang memadai, dan tindak lanjut pengawasan dari lingkungan keluarga yang masih kurang.
Kata Kunci : Upaya, Membiasakan, Shalat Berjamaah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 08 Oct 2024 07:27
Last Modified: 08 Oct 2024 07:27
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10001

Actions (login required)

View Item View Item