Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Dampak Penggunaan E-Commerce dalam Pengembangan Bisnis Hortikultura (Studi pada PT. Berkah Jaya Hortikultura di Iringmulyo Metro Timur Kota Metro)

Maulana, Rama Astrian (2022) Analisis Dampak Penggunaan E-Commerce dalam Pengembangan Bisnis Hortikultura (Studi pada PT. Berkah Jaya Hortikultura di Iringmulyo Metro Timur Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
RAMA ASTRIAN MAULANA - 1804041134 - rama astrian maulana.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Pemanfaatan internet terutama sebagai media perdagangan dan jual beli baik di tingkat business-to-business atau business-to-customer saat ini merupakan salah satu kebutuhan setiap perusahaan. E-commerce (Electronic Commerce) atau perdagangan secara elektronik merupakan wujud kemajuan teknologi pada aspek bisnis.

Dampak penggunaan E-Commerce dalam pengembangan bisnis hortikultura tersebut terdapat dampak positif yang didapatkan oleh PT. Berkah Jaya Hortikultura. Namun dibalik dampak positif E-Commerce tersebut terdapat dampak negatif yang dialami pada perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan E-Commerce dalam pengembangan bisnis hortikultuta pada PT. Berkah Jaya Hortikultura.

Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian field research (penelitian lapangan). Disebut penelitian lapangan (field research) karena peneliti harus terjun langsung dan terlibat di lapangan dengan masyarakat setempat. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan dalam pengumpulan datanya dilakukan dengan cara wawancara dan juga dokumentasi.
Dari hasil penelitian, dampak penggunaan E-Commerce dalam pengembangan bisnis hortikultura pada PT. Berkah Jaya Hortikultura berdampak positif bagi PT. Berkah Jaya Hortikultura, seperti melebarnya jangkauan pemasaran produk hortikultura yang dibuktikan dengan pemasaran hingga ke luar negeri. Adanya aliran pendapatan baru yang lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi secara tradisional. Yang kedua, dampak penggunaan E-Commerce berdampak negatif bagi PT. Berkah Jaya Hortikultura, seperti adanya kehilangan kepercayaan para konsumen, kesalahan faktor manusia dan adanya kesalahan sistem aplikasi kerap terjadi dalam proses menggunakan E-Commerce.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 05 Sep 2024 04:24
Last Modified: 05 Sep 2024 04:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10007

Actions (login required)

View Item View Item