Gicella, Yegi (2024) Pengembangan Modul PAI & Budi Pekerti Elemen SKI Flipbook Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Di SMA Negeri 1 Trimurjo Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
TESIS Yegi Gicella - 2271010079 - PAI.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Pengembangan modul PAI & Budi Pekerti elemen SKI flipbook berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa di SMA Negeri 1 Trimurjo Lampung Tengah ini didasarkan pada kenyataan bahwa masih rendahnya kemampuan kognitif siswa pada sekolah tersebut karena belum tersedianya modul yang memiliki kriteria untuk meningkatkan kemamuan kognitif pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Kemampuan kognitif merupakan kemampuan dasar yang telah dimiliki seseorang dalam proses berpikir yang mengacu pada kegiatan mental yang mencakup: berpikir, mengingat persepsi, penalaran, dan pemecahan masalah. Hasil pengembangan ini dimaksudkan untuk dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa berbasis pada Problem Based Learning.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model Model Borg and Gall yang memiliki 10 langkah yaitu (1) research and information collection, (2) planning, (3) develop preliminary form a product, (4) preliminary field testing, (5) main product revision, (6) main field testing, (7) operational product revision, (8) operational field testing, (9) final product revision, (10) main field testing, dikarenakan ini merupakan penelitian Research and Development level 1 maka penelitian berhenti pada tahap main product revision (revisi desain). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menguji kelayakan modul baik dari aspek materi maupun media.
Berdasarkan pengembangan modul PAI & Budi Pekerti elemen SKI Flipbook berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan kognitif dari hasil analisis kebutuhan siswa bahwa modul tersebut sangat dibutuhkan dengan presentase 81,67%. Dari seluruh rangkaian desain pengembangan modul ditemukan nilai presentase rata-rata sebesar 92,8% sehingga dapat digunakan sebagai modul pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa di SMAN 1 Trimurjo. Modul PAI Flipbook berbasis Problem Based Learning merupakan salah satu bahan pembelajaran yang menarik dan interaktif bagi pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 04:26 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 04:26 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10009 |
Actions (login required)
View Item |