Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Bimbingan Belajar Al-Quran dalam Pembentukan Kepribadian Muslim Siswa SMA Negeri 2 Metro

Hidayaturohmah, Rani (2020) Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Bimbingan Belajar Al-Quran dalam Pembentukan Kepribadian Muslim Siswa SMA Negeri 2 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI (Rani Hidayaturohmah-1501010211) - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembentukan kepribadian muslim menjadi rujukan untuk mengembangkan nilai moral dan keagamaan siswa di SMA Negeri 2 Metro melalui kegiatan ekstrakurikuler Bimbingan Belajar Al-Quran. Pembentukan kepribadian muslim merupakan proses membentuk kepribadian yang beriman dan bertaqwa kepada Allah, karena Allah adalah tujuan utama bagi setiap muslim. Dilihat dari siswa SMA Negeri 2 yang masih belum memahami dalam menerapkan nilai-nilai agama dengan baik, maka melalui kegiatan Bimbingan Belajar Al-Quran dikenalkan nilai-nilai itu bersamaan dengan pembelajaran sekaligus merenapkan kandungan Al-Quran. Sebagai pokok agama, Al-Quran memegang peranan yang sangat signifikan dalam pembentukkan tingkah laku manusia atau pembentukkan akhlaq yang mulia.Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui sejauh mana Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Bimbingan Belajar Al-Quran Dalam Pembentukan Kepribadian Muslim Pada Siswa SMA Negeri 2 Metro.

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif lapangan, yang mengambil lokasi di SMA Negeri 2 Metro. Sumber data yang digunakanadalah sumber primer dan sekunder. Sedangkan metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah dengan mengunakan Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, untuk kemudian diuji keabsahan datanya menggunakan Trianggulasi sumber.

Kegiatan bimbingan belajar Al Qur’an di SMA Negeri 2merupakankegiatanyang dilakukanuntuk memperbaiki kualitas membaca Al-Quran dan kepribadian muslim siswa.Implementasi kegiatan ekstrakurikuler bimbingan belajar Al-quran ini terdapat materi-materi keagamaan yang akan disampaikan metor. Metode yang digunkaan yaitu, metode ceramah/cerita, diskusi dan demonstrasi. Setiap mentor menggunakan metode ini dan menyesuaikan kondisi siswa yang mengikuti kegiatan.

Implementasi kegiatan bimbingan belajar Al-Quran dapat dikatakan berhasil untuk membentuk kepribadian muslim siswa SMA Negeri 2 Metro. Dari hasil wawancara dapat di analisa bahwa siswa sangat terbantu dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler Bimbingan Belajar Al-Quran ini, terbukti adanya perubahan pada proses membaca Al-Quran yang sesuai makhraj dan ilmu tajwid, dan perubahan sikap, akhlak, adab pada guru dan teman dan kepribadian muslim yang dihasilkan antaranya: Kepribadian Syahadatain, mushalli, dan shaim. Setelah dianalsis perubahan itu signifikan dengan harapan peneliti, dan hasilnya pun cukup seimbang dengan hasil trianggulasi antara mentor dan siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:14
Last Modified: 16 Jan 2020 04:14
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1001

Actions (login required)

View Item View Item