Nurhadi, M. Faiz (2024) Perkembangan Kognitif Pada Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa SMPIT Insan Mulia Batanghari. Masters thesis, IAIN Metro.
PDF
TESIS M. Faiz Nurhadi - 2271030106 - PBA.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami perkembangan kognitif siswa SMPIT Insan Mulia, Batanghari, dalam menulis teks Bahasa Arab sebagai bahasa kedua. Studi ini menentukan dan menganalisis tahapan-tahapan berpikir kognitif yang dialami siswa saat menulis teks dalam Bahasa Arab, serta menilai kesadaran siswa akan pentingnya menulis dalam memperdalam pemahaman mereka terhadap Bahasa Arab sebagai bahasa asing.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif studi kasus dengan fokus pada empat siswa kelas sembilan: dua siswa yang paling pintar dan dua siswa yang kurang pintar dalam keterampilan menulis Bahasa Arab. Data dikumpulkan melalui observasi terhadap proses menulis siswa dan wawancara mendalam. Analisis data yang digunakan ialah metode analisis triangulasi. Jenis triangulasi yang digunakan ialah triangulasi data, triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melewati berbagai tahapan perkembangan kognitif selama proses menulis, dimulai dari pengenalan huruf huruf abjad hingga pengembangan keterampilan menulis profesional. Tahap sensorimotor melibatkan pendekatan multisensori, sementara tahap operasional formal melibatkan revisi dan peer review untuk meningkatkan kualitas tulisan.
Implikasi dari penelitian ini adalah agar pengajaran mennjadi lebih efektif sesuai dengan karakteristik perkembangan kognitif masing-masing siswa, sehingga pembelajaran menulis Bahasa Arab dapat menjadi lebih menyenangkan dan tidak menakutkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 04:27 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 04:27 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10015 |
Actions (login required)
View Item |