Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Tournament (Tgt) Terhadap Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII SMP Al Imam Metro Kibang Lampung Timur

Khoiryyah, Shofwatul (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Tournament (Tgt) Terhadap Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII SMP Al Imam Metro Kibang Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Shofwa Tul Khoiryyah.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya kendala dalam proses pembelajaran antara lain adalah keaktifan siswa dan hasil belajar yang masih rendah, Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keaktifan siswa dan hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dan menganalisis pengaruh model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) terhadap keaktifan siswa dan hasil belajar.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Pada penelitian ini sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al- Imam yang berjumlah 37 siswa Teknik yang digunakan yakni sampling jenuh maka keseluruhan dari populasi yang berjumlah 37 siswa tersebut digunakan sebagai sampel.

Hasil analisis deskriptif memperoleh rata-rata data keaktifan siswa sebelum diterapkan model pebelajaran Team Game Tournament (TGT) sebesar 17,29 dan sesudah diterapkan model pembelajaran tersebut sebesar 30. Hasil uji t berpasangan (paired t-test). menunjukkan nilai sig (2-tailed) yaitu 0.00 pada taraf siginifikansi: α = 5 % = 0.05. Hasil uji menunjukkan nilai sig hitung < α bermakna Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari rata-rata sebelumnya 43,27 menjadi 80,78. Hasil uji t berpasangan (paired t-test) menunjukkan nilai sig (2-tailed) yaitu 0.00 pada taraf siginifikansi: α = 5 % = 0.05. Kriteria hasil uji adalah jika sig hitung > α maka H0 diterima dan Ha ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan antara model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT), Keaktifan siswa, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 09 Sep 2024 00:24
Last Modified: 09 Sep 2024 00:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10016

Actions (login required)

View Item View Item