Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Interlanguage Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum Jaya Sakti

Fitriyani, Hawin (2024) Interlanguage Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum Jaya Sakti. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS HAWIN FITRIYANI - 2271030103 - PBA.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis proses interlanguage dalam pembelajaran bahasa arab di Madrasah Tsanawiyah Bustanul ‘Ulum Jayasakti dengan fokus pada tulisan arab. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pendekatan longitudinal, yang memungkinkan peneliti untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang bagaimana proses proses interlanguage dalam pembelajaran bahasa arab di Madrasah Tsanawiyah Bustanul ‘Ulum Jayasakti serta mengetahui bagaimana pola interlanguage dalam pembelajaran bahasa arab di Madrasah Tsanawiyah Bustanul ‘Ulum Jayasakti.

Metodologi penelitian ini melibatkan pengumpulan data primer yakni lembar latihan siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Bustanul ‘Ulum Jayasakti, dan data kedua yakni wawancara dengan siswa dan guru bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Bustanul ‘Ulum Jayasakti, serta observasi partisipatif untuk mencatat proses dan kegiatan siswa dalam proses pembelajaran bahasa arab khususnya menulis arab.

Sampel penelitian dipilih secara purposive supaya peneliti mendapatkan data yang lebih mendalam terkait proses interlanguage dalam pembelajaran bahasa arab di Madrasah Tsanawiyah Bustanul ‘Ulum Jayasakti. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Bustanul ‘Ulum Jayasakti dan guru Madrasah Tsanawiyah Bustanul ‘Ulum Jayasakti yang dipilih secara purposif untukmengetahui data yang dikumpulkan secara valid. Data dikumpulkan melalui lembar latihan siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Bustanul ‘Ulum Jayasakti selama dua semester, wawancara mendalam dan observasi, kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi proses dan pola-pola interlanguage dalam pembelajaran bahasa arab.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tantangan signifikan selama proses interlanguage dalam pembelajaran bahasa arab di Madrasah Tsanawiyah Bustanul ‘Ulum Jayasakti . Implikasi dari temuan ini adalah perlunya motivasi, fasilitas sepeti kamus saku kecil untuk siswa supaya praktis dalam pembelajaran bahasa arab baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.

Saran penelitian berfokus pada perlunya pelatihan bagi pengajar untuk mengintegrasikan berbagai materi yang menarik dalam menulis Arab supaya siswa tidak jenuh dan cepat bosan ketika pembelajaran bahasa Arab berlangsung.

Kata kunci : Interlanguage, MTs Bustanul Ulum Jaya Sakti, Pembelajaran Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 13 Aug 2024 00:32
Last Modified: 13 Aug 2024 00:32
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10023

Actions (login required)

View Item View Item