Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Media Pembelajaran E-Poster Berbasis Weblog Pada Materi Virus Kelas X MA Sabilul Muttaqien

Anjarwati, Suci (2024) Pengembangan Media Pembelajaran E-Poster Berbasis Weblog Pada Materi Virus Kelas X MA Sabilul Muttaqien. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SUCI ANJARWATI.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi pada permasalahan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi virus dalam mata pelajaran biologi. Media yang digunakan oleh guru dalam mengajar adalah buku cetak dan LKS. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran E-poster berbasis weblog bagi siswa kelas X MA Sabilul Muttaqien pada materi virus. Untuk mengetahui kelayakan produk media pembelajaran E-poster berbasis weblog yang telah dikembangkan. Untuk mengetahui respon siswa dan guru terhadap media pembelajaran yang telah dikembangkan.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap, yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif deskriptif dan analisis kuantitatif deskriptif.

Hasil validasi terhadap media pembelajaran E-poster berbasis weblog pada materi virus, berdasarkan ahli materi memperoleh nilai persentase rata-rata sebesar 85% dan dikategorikan “sangat layak”, ahli media memperoleh nilai persentase rata-rata 82% dan dikategorikan sangat layak. Hasil uji coba yang telah dilakukan di MA Sabilul Muttaqien, berdasarkan hasil respon guru memperoleh nilai persentase 94% dan masuk ke dalam kategori “sangat layak”, sedangkan hasil respon siswa memperoleh nilai persentase 96% dan masuk ke dalam kategori “sangat layak”.
Kata Kunci: Virus, E-poster berbasis weblog, Media Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 13 Aug 2024 00:32
Last Modified: 13 Aug 2024 00:32
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10024

Actions (login required)

View Item View Item