Sari, Sefrida Novita (2022) Penggunaan Metode Tahsin dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Kelas V di SDIT Al Muhsin Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SEFRIDA - Sefrida Novita.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan ketidakmampuan membaca siswa pada pembelajaran Al Quran Hadits di SDIT Al Muhsin Metro, bahwa dalam sistem pendidikan modern masih banyak siswa yang belum memahami cara membaca Al-Qur'an. Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya santri yang tidak membaca Al-Quran, tidak mengikuti tuturan dan tuturan makraj yang tidak sesuai dengan kaidah. Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca Alquran dengan menggunakan metode tahsin dalam kajian Al-Quran dan Hadits. Maka dalam hal ini peneliti menginginkan penelitian dengan judul “Penggunaan Metode Tahsin Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Kelas V Di Sdit Al Muhsin Metro”.
Oleh karena itu, peneliti akan mencoba menggunakan pembelajaran yang menggunakan metode tahsin untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua Siklus dan pada setiap Siklus terdapat tiga kali pertemuan yang masing-masing dilakukan dengan metode tahsin. Subyek penelitian ini adalah 25 siswa kelas V SDIT Al Muhsin Metro.Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus dengan tiga kali pertemuan per siklus.
Berdasarkan hasil penelitian yang diuraikan di atas, dapat diketahui bahwa penelitian kelas telah selesai selama siklus kedua. Setiap siklus dilakukan dalam tiga tahapan yaitu perencanaan, evaluasi, berpikir. Hasil pelaksanaan tindakan
pada siklus 1 s/d 2 serta evaluasi oleh beberapa kelompok menyebabkan penggunaan metode pendidikan tahsin untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa laki-laki kelas V SDIT Al Muhsin Metro. Dalam pembahasan ini akan dijelaskan dua pokok bahasan yaitu praktik pembelajaran dengan metode tahsin dan peningkatan kemampuan membaca siswa sesuai hasil evaluasi langsung pada siklus 1 sampai 2.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I membaca siswa memperoleh nilai rata-rata 61,6 dengan 28% mencapai standar. dan dengan kemampuan siklus II ini mendapatkan nilai rata-rata 76,4 dengan ketuntasan klasikal 80% yang merupakan model tuntas. Dapat disimpulkan bahwa dari siklus I sampai II rata-rata membaca siswa mengalami peningkatan dan menunjukkan bahwa penggunaan metode tahsin dapat meningkatkan hasil bacaan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 02:04 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 02:04 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10032 |
Actions (login required)
View Item |