Handayani, Syarifah (2024) Analisis Kesalahan Penerjemahan Pada Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Ulum Kota Gajah Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.
PDF
TESIS Syarifah Handayani - 227130111 - PBA.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Penerjemahan bahasa Arab menjadi bahasa lain melibatkan sejumlah kesulitan yang sering kali menghasilkan kesalahan dalam prosesnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan yang umum terjadi dalam penerjemahan dari bahasa Arab ke bahasa lain, serta untuk mengeksplorasi faktor faktor yang mempengaruhi kesalahan tersebut.
Penelitian ini terfokus kepada proses penerjemahan siswa, analisis kesalahan penerjemahan, usaha dan solusi mengurangi kesalahan penerjemahan pada siswa. Pada Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan triangulasi data, triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sumber data pada penelitian ini diambil dari kepala madrasah, guru bahasa arab, guru lain dan siswa kelas sebelas.
Hasil penelitian diungkapkan bahwa ditemukan sejumlah 98 kesalahan yang mencakup aspek morfologi (25 kesalahan), sintaksis (15 kesalahan) dan semantik (58 kesalahan). Pada penerjemahan ini sebagian besar siswa menggunakan penerjemahan kata demi kata, dilihat dari hasil terjemahan mereka yang tanpa mempertimbangkan konteks pemakainya. Maka peneliti mengungkapkan bahwa Managerial guru dan penguasaan semantic menjadi indicator dalam pembelajaran penerjemahan untuk mengurangi kesalahan pada linguistic.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 08:33 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 08:33 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10036 |
Actions (login required)
View Item |