Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Orang Tua dalam Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak dalam Kajian Komunikasi Islam

Kurniawan, Andri (2022) Peran Orang Tua dalam Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak dalam Kajian Komunikasi Islam. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ANDRI KURNIAWAN 1803061003 - wong jowo.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Pada era globalisasi seperti saat ini perkembangan teknologi memang sangat pesar, hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat sudah terpengaruhi oleh perkembangan teknologi. Dengan ilmu pengetahuan yang telah dianugerahkan oleh Allah, manusia menciptakan berbagai macam teknologi yang mempermudah kehidupannya. Salah satu teknologi yang populer saat ini adalah gadget. Gadget tidak hanya populer dikalangan orang dewasa, gadget ini juga banyak digunakan oleh anak. Gadget menawarkan banyak sekali kemudahan dan manfaat. Namun ketika digunakan secara berlebihan khususnya pada naak dapat menimbulkan kecanduan gadget.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam mengatasi kecanduan gadget pada anak dalam kajian komunikasi Islam, serta untuk mengetahui bagaimana komunikasi yang digunakan oleh orang tua dalam mengatasi kecanduan gadget pada anak dalam kajian komunikasi Islam.
Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti melakukan uji validasi data menggunakan metode triangulasi data. Langkah terakhir peneliti melakukan analisis data berupa reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan dari data-data yang telah dianalisis.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat ditemukan bahwa dalam mengatasi kecanduan gadget pada anak dalam kajian komunikasi Islam, orang tua menggunakan prinsip komunikasi dalam Islam yaitu qaulan ma'rufa, qaulan baligha, qaulan layyina, dan qaulan maisura. Selain menggunakan prinsip-prinsip komunikasi Islam orang tua juga memberikan batasan pada anak dalam menggunakan gadget. Adapun bentuk perubahan setelah diterapkannya pembatasan oleh orang tua, anak menjadi berkurang dalam durasi bermain gadget.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 19 Sep 2024 02:04
Last Modified: 19 Sep 2024 02:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10039

Actions (login required)

View Item View Item