Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Eran Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap (MTs-SA) Darun Nasyi’in Bumi Jawa Batanghari Nuban

Sari, Evi Yulia (2019) Eran Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap (MTs-SA) Darun Nasyi’in Bumi Jawa Batanghari Nuban. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI EVI YULIA SARI NPM. 1501010042 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Peran guru al-Qur’an Hadits sangat penting untuk mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an di Madrasah, dan menjadi bagian terpenting dalam proses pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah.Berkenaan dengan hal diatas, maka fokus dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti dan mengetahui peran guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Qur’an di MTs SA Darun Nasyi’in serta faktor pendukung dan penghambatnya.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisa data dilakukan dengan analisis induktif.

Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwaGuru Al-Qur’an Hadits memilikiperan yang sangat penting dalam mengajarkan, membiasakan, dan membantu siswa dalam membaca Al-Qur’an di Madrasah. Sebagai pendidik, pengajar, dan motivatordalam mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an telah dijalankan dengan baik dan sebagaimana mestinya. Faktor pendukungGuru Al-Qur’an Hadits dalam menjalankan perannyaberupa adanya program bimbingan Al-Qur’an setiap pagi hariyang dibimbing langsung oleh tutor dan ustadz yang ahli dalam bidang Al-Qur’an, fasilitas dan sarana prasarana yang menunjang siswa dalam belajar Al-Qur’an seperti Pondok Pesantren Darun Nasyi’in, mushola, buku iqra’, juz’ama, dan Al-Qur’an. Adapun faktor penghambat guru Al-Qur’an hadits dalam menjalankan perannya berupa rendahnya minat membacaAl-Qur’an pada diri siswa, kurangnya kefahaman siswa tentang ilmu tajwid, kurangnya perhatian, dukungan dan bimbingan orang tua tentang pentingnya belajar membaca Al-Qur’an maupun membiasakan anak untuk membaca Al-Qur’an di rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:42
Last Modified: 16 Jan 2020 04:42
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1004

Actions (login required)

View Item View Item