Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pekalongan

Wijayanti, Silvi Diyah (2022) Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pekalongan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SILVI DIYAH WIJAYANTI NPM 1801050047 - Silvi Diyah Wijayanti.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan proses yang didalamnya terdapat interaksi antara peserta didik dengan seorang pendidik yang memerlukan adanya komunikasi timbal balik yang berlangsung dalam kondisi edukatif guna tercapainya tujuan pembelajaran. Guru merupakan elementer terpenting sebagai penghantar keilmuan yang menjadi kompetensinya kepada siswa-siswinya. Dengan kompetensi yang mumpuni dan media pembelajaran yang mendukung, guru merupakan seseorang paling berpengaruh dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Berdasarkan hasil presurvey yang penulis lakukan, guru menghadapi beberapa kendala dalam menyampaikan pelajaran tematik di kelas V MI Muhammadiyah Pekalongan. Berdasarkan permasalahan yang ada, maka penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kendala-kendala yang ditemui guru dan segenap upaya yang dilakukan guru untuk menanggulangi kendala tersebut. Guna mengembalikan minat siswa kelas V dalam mengikuti pembelajaran tematik MI Muhammadiyah Pekalongan.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di MI Muhammadiyah Pekalongan tepatnya pada siswa-siswi kelas V. Sumber data primer dan sekunder dalam penelitian ini masing-masing ialah wawancara kepala sekolah dan guru kelas V, foto-foto dan dokumen serta buku terkait focus penelitian yang penulis lakukan. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu Observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian yang diperoleh penulis dari penelitian ini yaitu minat siswa dalam megnikuti pembelajaran tematik kelas V MI Muhammadiyah Pekalongan kurang baik, kendala yang dialami guru dalam menyampaikan materi pembelajaran tematik kelas V MI Muhammadiyah Pekalongan ialah kurangnya sarana dan prasarana media pembelajaran. Adapun upaya kepala sekolah dalam menanggulangi kendala yang dialami guru ialah dengan menganggarkan pengadaan sarana dan prasarana media pembelajaran, sedangkan upaya yang dilakukan guru ialah dengan memperkaya ice breaking dan meningkatkan kreatifitas pembelajaran ditengah keterbatasan fasilitas seperti melakukan pembelajaran outdoor untuk menguatkan kembeli minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran tematik kelas V MI Muhammadiyah Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 15 Aug 2024 02:35
Last Modified: 15 Aug 2024 02:35
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10041

Actions (login required)

View Item View Item