Azahra, Riska Nurlaila (2022) Implementasi Kegiatan Melipat Kertas (Origami) untuk Mengembangkan Motorik Halus Kelompok B di PAUD Istiqomah Sribaguki Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI - Riska Nurlailaazahra.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang implementasi kegiatan melipat kertas (origami) untui mengembangkan motorik halus kelompok B di PAUD Istiqomah Sribasuki Lampung Timur. Terdapat permasalahan yang ditemukan, yaitu peneliti menemukan peserta didik yang masih lambat dalam pengerjaan tugas di kelas, sehingganya perkembangan motorik halus peserta didik kurang terstimulus dari baik. Maka dari itu, agar perkembangan motorik halusnya terstimulus dengan baik pendidik melaksanakan kegiatan melipat kertas (origami) yang dapat menstimulus perkembangan motorik halusnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kegiatan melipat kertas (origami) untuk mengembangkan motorik halus kelompok B di PAUD Istiqomah Sribasuki Lampung Timur.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan dalam pengumpulan data penelitian menggunakan teknik pengumpulan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi ini supaya dapat memunculkan hasil data berupa tulisan, katakata yang kemudian dianalisa dan diambil suatu pemecahan yang bersifat umum, sehingga memunculkan kesimpulan dalam penelitian ini.
Hasil penelitian yang dilakukan mengenai Implementasi kegiatan Melipat Kertas (Origami) untuk Mengembangkan Motorik Halus Kelompok B Di PAUD Istiqomah Sribasuki Lampung Timur menunjukkan hasil yang baik. Setelah diadakan kegiatan melipat kertas dapat memberikan hasil yang baik, sehingga peserta didik terstimulasi dengan baik, serta sebagai metode yang efektif, menyenangkan, dan dapat memudahkan peserta didik untuk mengembangkan motorik halus anak. Implementasi kegiatan melipat kertas (origami) ini dilakukan dengan menyiapkan bahan ajar atau LKA (Lembar Kerja Anak), lalu pendidik menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan dan pendidik mempraktekkan cara melipat kertas, selanjutnya peserta didik melakukan kegiatannya. Faktor pendukung untuk mengembangkan motorik halus yaitu faktor lingkungan, faktor stimulasi, dan kecerdasan. Faktor penghambat dalam perkembangan motorik halus yaitu lingkungan yang kurang nyaman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 07:38 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 07:38 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10042 |
Actions (login required)
View Item |