Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Fasilitas Wisata Pantai Bidadari Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Sumatera Selatan

Ulya, Feni (2024) Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Fasilitas Wisata Pantai Bidadari Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Sumatera Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
FENI ULYA - 1903011046.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Kepuasan konsumen dalam konteks pengunjung adalah bentuk persepsi yang dirasakan oleh konsumen dalam membeli suatu produk baik dalam bentuk barang maupun jasa sesuai dengan pengharapan konsumen agar menghasilkan kepuasan. Fasilitas wisata merupakan penunjang sebuah tempat untuk membuat kesan pertama kali oleh para pengunjung fasilitas wisata haruslah memiliki kelengkapan,kebersihan dan kerapian,untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen terhadap fasilitas dapat dilihat dari beberapa indikator, yaitu Perasaan puas (dalam arti puas akan produk dan pelayanannya), Selalu membeli produk, Akan merekomendasikan kepada orang lain, Terpenuhinya harapan pelanggan setelah membeli produk.

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap fasilitas Wisata Pantai Bidadari Kecamatan Banding Agung Kabupaten Oku Sumatera Selatan. Metode yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan penelitian lapangan (field research), sumber data peneliti yaitu sumber data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi serta analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen terhadap fasilitas cukup tinggi hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara dengan beberapa narasumber mengatakan bahwa pengunjung merasa puas dengan fasilitas yang ada di Pantai Bidadari seperti wahana permainan,tempat parkir dan spot foto,kepuasan pengunjung dapat diukur menggunakan indikator yaitu Mereka akan berkunjung kembali ke wisata Pantai Bidadari dan akan merekomendasikan kepada keluarga dan temen-temen, pengunjung merasa terpenuhi harapan setelah merasakan fasilitas yang di sediakan di Pantai Bidadari.fasilitas yang paling disukai pengujung dan tertarik untuk datang berkunjung ke Pantai Bidadari yaitu Fasilitas wahana permainan hal ini dikarenakan harga wahana tergolong cukup murah dan fasilitasnya mudah digunakan oleh para pengunjung. Akan tetapi ada fasilitas yang tingkat kepuasan rendah seperti fasilitas muhsolla dan toilet.
Kata Kunci: Kepuasan Pengunjung, Fasilitas Wisata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 22 Aug 2024 00:55
Last Modified: 22 Aug 2024 00:55
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10046

Actions (login required)

View Item View Item