Bahari, Muhammad Ikhwan (2024) Peran Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas VI SD It Al Muhsin. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Muhammad Ikhwan Bahari.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Pembangunan karakter bangsa terus diupayakan oleh pemerintah, terutama melalui dunia Pendidikan. Oleh sebab itu, Guru memiliki peran yang sangat sentral dalam mewujudkan peserta didik yang berkarakter. Selain dituntut untuk menyampaikan materi, guru juga dituntut untuk menjadi `guru yang digugu dan ditiru` yang sebenarnya. Guru harus bisa menanamkan moral, nilai-nilai etika, estetika, budi pekerti yang luhur, dan lain sebagainya. Keteladanan berkarakter adalah perilaku atau sikap guru dan tenaga kependidikan lainnya dalam memberikan contoh terhadap tindakan-tindakan yang baik, sehingga diharapkan dapat menjadi panutan bagi peserta didik. Jika guru dan tenaga kependidikan yang lain menghendaki agar peserta didik berperilaku atau bersikap sesuai dengan nilai- nilai karakter, maka guru dan tenaga kependidikan adalah orang pertama dan utama yang lebih dulu memberikan contoh dalam berperilaku dan bersikap sesuai dengan nilai-nilai yang dianut. Demiikian juga, dengan keteladanan guru, Bapak pendidikan nasionan, yaitu Ki Hajar Dewantara, telah menekankan tentang pentingnya keteladanan. Salah satu filosofinya adalah ing ngarso sung tuladha, yang artinya bahwa seorang pendidik haruslah dapat memberikan teladan yang baik kepada peserta didiknya. Oleh karena itu guru memiliki peran penting khususnya guru PAI untuk berperan aktif dalam membentuk karakter siswa.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas VI SDIT AL MUHSIN Kota Metro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter disipilin siswa kelas VI SDIT Kota Metro. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode pendukung.
Teknik analisis data dalam penelitian ini penulis menggunakan reduksi data, display data dan verification atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam SDIT Al Muhsin Kota Metro telah menjalankan perannya sebagai pembimbing, guru sebagai pemberi nasihat atau motivasi kepada siswa dan guru sebagai pemberi teladan dalam membentuk karakter siswa. Dalam proses pembentukan karakter peserta didik siswa kelas VI SDIT Al Muhsin Kota Metro dalam kegiatannya tentunya memiliki beberapa faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter peserta didik yang pertama, faktor siswa itu sendiri, sikap pendidik, faktor lingkungan.
Kata Kunci: Peran Guru, Karakter Sisw
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 00:54 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 00:54 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10049 |
Actions (login required)
View Item |