Siswandari, Yuniarti (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SD Negeri Gilih Karang Jati. Masters thesis, IAIN Metro.
PDF
TESIS Yuniarti Siswandari - 2071010040 - PAI.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal, diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan belajar. Siswa cenderung pasif yang ditandai dengan jarang merespon guru, tidak dapat dilaksanakan pembelajaran berbentuk diskusi dan keterlambatan siswa dalam mengumpulkan tugas. Rendahnya keaktifan siswa tersebut, ternyata mempengaruhi hasil belajar. Rendahnya keaktifan siswa menjadi indikator bahwa siswa belum memahami materi pembelajaran. Dalam pembelajaran PAI perlu adanya pengembangan model pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik, metode ceramah yang biasanya dilakukan oleh pendidik akan membuat peserta didik merasa jenuh, sehingga perlu adanya pengembangan yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi pembelajaran. Metode flipped classroom dinilai dapat menjadi solusi pembelajaran, karena dapat menggabungkan kelebihan-kelebihan pembelajaran tradisional melalui tatap muka dengan pemanfaatan teknologi. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh model Flipped Classroom terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan di SD Negeri Gilih Karang Jati.
Penelitian merupakan eksperimen semu (quasi experimental research) dengan rancangan non-equivalent pre-test post-test control group desaign. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas V dengan dua kelas sebagai sampel penelitian, yaitu eksperimen dan kontrol. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian mengunakan lembar obeservasi dan tes. Data yang diperoleh diuji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas lalu dianalisis dengan statistik parametrik menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Flipped classroom berpengaruh signifikan terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa. Hasil uji-t keaktifan siswa diperoleh nilai signifikansi (0,000) < nilai α (0,05), maka model pembelajaran Flipped Classroom berpengaruh signifikan terhadap keaktifan. Uji-t hasil belajar kognitif siswa juga diperoleh nilai signifikansi (0,000) < nilai α (0,05), maka model pembelajaran Flipped Classroom berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil uji Anova menunjukkan model pembelajaran Flipped Classroom berpengaruh 85% terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci: flipped classroom, keaktifan, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 00:55 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 00:55 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10053 |
Actions (login required)
View Item |