Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan E-Modul Pembelajaran Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Materi Sistem Pencernaan Sebagai Bahan Ajar Siswa Kelas XI SMA/Ma

Dewi, Rindi Ratna (2024) Pengembangan E-Modul Pembelajaran Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Materi Sistem Pencernaan Sebagai Bahan Ajar Siswa Kelas XI SMA/Ma. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
RINDI RATNA DEWI_2001081009 -.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Pengembangan E-Modul Pembelajaran Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Materi Sistem Pencernaan Sebagai Bahan Ajar Siswa Kelas XI SMA/MA dilatarbelakangi oleh pemanfaatan teknologi yang digunakan guru pengampu mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Sukadana dalam proses pembelajaran masih kurang optimal dan bahan ajar yang digunakan masih berupa bahan ajar cetak dan terkadang menggunakan power point. Sehingga peserta didik merasa kesulitan memahami salah satu materi biologi yaitu Sistem Pencernaan. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya inovasi media pembelajaran berupa E-Modul pada materi Sistem Pencernaan untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul Pembelajaran Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Materi Sistem Pencernaan Sebagai Bahan Ajar Siswa Kelas XI SMA/MA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan metode pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan langkah-langkah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Hasil validasi produk E-Modul Pembelajaran Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Materi Sistem Pencernaan Sebagai Bahan Ajar Siswa Kelas XI SMA/MA yang dikembangkan dinyatakan ―sangat layak‖ oleh validator ahli materi dengan persentase sebesar 89% dan validator ahli media dengan persentase 88%. Hasil respon uji coba produk E-Modul Pembelajaran Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Materi Sistem Pencernaan yang dikembangan dinyatakan ―sangat baik‖ oleh guru dan peserta didik dengan hasil persentase respon guru sebesar 83% dan hasil persentase respon peserta didik sebesar 90%.
Kata kunci :Bahan Ajar, E-Modul, Integrasi , Sistem Pencernaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 08 Oct 2024 08:06
Last Modified: 08 Oct 2024 08:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10055

Actions (login required)

View Item View Item