Melati, Rima (2024) Analisis Kesulitan Membaca Peserta Didik Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Yayasan Pendidikan Islam Sumbersari. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Rima Melati PGMI.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan membaca siswa kelas I MI Yayasan Pendidikan Islam Sumbersari, serta mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas I MI Yayasan Pendidikan Agama Islam Sumbersari.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif.Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas I dan guru kelas I MI Yayasan Pendidikan Islam Sumbersari.Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data meliputi tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan membaca di kelas I MI Yayasan Pendidikan Islam Sumbersari.Presentase siswa yang mengalami kesulitan membaca adalah 50%. Kesulitan membaca yang dialami siswa yaitu kesulitan dalam mengeja huruf, belum bisa mengenal huruf A-Z, tidak dapat membedakan huruf yang yang bentuknya hampir sama seperti b-d, p-q, m-n, atau v-f sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membaca satu kata dan belum memperhatikan tanda baca. Kemudian upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca diantaranya yaitu menggunakan media pembelajaran yang menarik dan efektif dan memberikan program khusus remedial kepada siswa yang mengalami kesulitan membaca.
Kata Kunci :Kesulitan, Membaca permulaan, Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 08:37 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 08:37 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10061 |
Actions (login required)
View Item |