Amelia, Nisa (2024) Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri 1 Raman Fajar. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
NISA AMELIA-2001031025-PGMI.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 1 Raman Fajar. Dalam pembelajaran IPA kelas V di SD Negeri 1 Raman Fajar Lampung Timur terdapat masalah mengenai proses pembelajaran yang belum tercapai. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan belum bervariasi, sehingga siswa kurang mendapatkan kesempatan untuk aktif berfikir, mengeluarkan pendapat, berinteraksi dengan teman sekelasnya, dan siswa merasa bosan. Adapun rumusan masalah pada skripsi ini adalah “Apakah penerapan metode pembelajaran eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SD Negeri 1 Raman Fajar Lampung Timur tahun pelajaran 2023/2024?.
Hasil belajar merupakan salah satu alat ukur untuk melihat capaian seberapa jauh siswa dapat menguasai Pelajaran yang telah disampaikan oleh guru. Metode eksperimen merupakan cara penyajian pelajaran, dimana anak didik melakukan percobaan dengan mengalami sendiri sesuatu yang dipelajari. Dalam proses belajar mengajar dengan metode eksperimen, siswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri atau melakukan sendiri, mengikuti suatu proses, mengamati suatu obyek, keadaan atau proses sesuatu.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), terdiri dari dua siklus dengan tiap tahapannya meliputi : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 13 siswa kelas V SD Negeri 1 Raman Fajar. pengumpulan data yang digunakan observasi, tes dan dokumentasi. Dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan sebagai berikut: Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar kognitif siswa dari siklus I dan siklus II yaitu 23,07% menjadi 84.41% atau meningkat sebesar 61,34%. Hasil belajar psikomotor siswa dari siklus I sebesar 70.76%, siklus II sebesar 86.91% atau meningkat sebesar 10,15%. Hasil belajar afektif siswa siklus I sebesar 68,45% dan siklus II sebesar 86,14% atau meningkat sebesar 17,69%. ketiganya telah melewati target 75%. Hasil ini menggambarkan penggunaan metode pembelajaran eksperimen dalam pelajaran IPA dapat meningkatkan.
Kata Kunci : Metode pembelajaran eksperimen,hasil belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 08:08 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 08:08 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10066 |
Actions (login required)
View Item |