Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Pendekatan Holistik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di SDN 4 Hargomulyo Kecamatan Sekampung

Himawan, Enggar Yahya (2024) Implementasi Pendekatan Holistik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di SDN 4 Hargomulyo Kecamatan Sekampung. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS Enggar Yahya Himawan - 2171010053 - PAI.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan proses atau usaha yang dilakukan secara terencana dan telah dibuat tujuannya terlebih dahulu. Pembelajaran ditandai dengan adanya interaksi antara pedidik, peserta didik dan sumber serta lingkungan belajar dalam proses belajar untuk mengoptimalkan hasil belajar tersebut. Proses pembelajaran didesain melalui perancanaan untuk mencapai tujuan yaitu hasil belajar yang maksimal. Namun kenyataanya pada satuan pendidikan khususnya di kecamatan Sekampung proses pembelajaran kurang maksimla hal tersebut dibuktikan dengan rendahnya hasil belajar PAI di satuan pendidikan. Untuk itu peneleti melakukan penelitian guna meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan pendekatan holistik satuan pendidikan kecamatan Sekampung. Dari sinilah penelitian ini berangkat yakni berusaha mengkaji pendekatan holistik pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SD Negeri 4 Hargomulyo sekampung mengenai efektifitas pembelajarannya.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitaf diskriptif, yang berlokasi di SD Negeri 4 Hargomulyo Kecamatan Sekampung. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa dari sekolahan tersebut, sedangkan objeknya adalah mata pelajaran PAI. Data utama yang digali dalam penelitian ini adalah desain pembelajaran, proses pembelejaran, evaluasi, dan hasil belajar siswa. Adapun teknik pengumpulan data yaitu, angket, wawancara dan observasi. Setelah data dikumpulkan, kemudian data dianalisis dengan menggunakan metode analisi data yaitu uji t untuk menguji tingkat efektifitas pembelajarannya.

Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa pendekatan holistic dalam pembelajaran pendidikan agama islam cukup efektif hal tersbut dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar pada setiap ujian yang dilaksanakan. Desain pembelajaran pemebelajaran holistik berpusat pada siswa, dengan membuat kelompok-kelompok kecil dalam proses pembelajaran, proses pembelajaran yang dilakukan sudah efektif dengan dibuktikan aktifnya siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Kata Kunci : Pendekatan Holistik, Pembelajaran PAI

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:41
Last Modified: 05 Sep 2024 03:41
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10075

Actions (login required)

View Item View Item