Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Ensiklopedia Fungi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Pancasila Seputih Mataram

Ermawati, . (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Ensiklopedia Fungi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Pancasila Seputih Mataram. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
ERMAWATI 1901082004.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil bealajar siswa kelas X SMA Pancasila Seputih Mataram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran jigsaw berbantuan ensiklopedia fungi terhadap hasil belajar siwa kelas X SMA Pancasila Seputih Mataram.

Jenis penelitian ini termasuk penelitian Eksperimen Semu (Quasi Eksperimental) dengan design One Grup Pretest Posttest yaitu penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan variabel bebas terhadap variabel terikat dalam kondisi terkendalikan, penelitian ini hanya melibatkan satu kelas yaitu kelas eksperimen dan yang dilakukan dengan membandingkan nilai hasil pretest dan nilai hasil posttest. Subjek penelitian adalah siswa SMA Pancasila Seputih Mataram Kelas X MIA. Dengan jumlah siswa sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan tes, wawancara, dokumentasi, dan lembar observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif.

Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa model pembelajaran jigsaw berbantuan ensiklopedia fungi dapat meningkatkan aspek psikomotorik peserta didik dalam Menyampaikan Hasil Diskusi, Bertanya, Menjawab Pertanyaan dan Menyampaikan Pendapat. Berdasarkan hasil penelitian
menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran jigsaw berbantuan ensiklopedia fungi terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Pancasila Seputih Mataram. Hal ini dibuktikan dari uji W (Wilcoxon) yang sudah dilakukan pada taraf signifikansi, Asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0,000 yaitu 0,000 < 0,05 sehingga menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran jigsaw berbantuan ensiklopedia fungi terhadap hasil belajar
siswa kelas X SMA Pancasila Seputih Mataram.
Kata Kunci : Model Jigsaw, Ensiklopedia, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:41
Last Modified: 05 Sep 2024 03:41
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10076

Actions (login required)

View Item View Item