Setiawan, Dion Cahya (2024) Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Interaksi Sosial Antar Mahasiswa Di Lingkungan Perguruan Tinggi IAIN Metro Lampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Dion Setiawan.pdf Download (8MB) |
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah lemahnya interaksi sosial mahasiswa di IAIN Metro yang disebabkan oleh kebiasaan bermain game online secara berlebihan. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh game online terhadap interaksi sosial antar mahasiswa di lingkungan perguruan tinggi IAIN Metro Lampung.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa diperguruan tinggi IAIN Metro Lampung yang berjumlah 5320 mahasiswa. Sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 98 mahasiswa yang diambil dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sebelum data dianalisis dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian data diolah dengan teknik regresi linier sederhana.
Dari hasil penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh signifikan antara Game Online terhadap interaksi sosial antar mahasiswa di lingkungan perguruan tinggi IAIN Metro Lampung. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Anova yang diperoleh sebesar 0,107 > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak, yang berarti Game online tidak berpengaruh terhadap interaksi sosial antar mahasiswa. Hal ini juga didukung dengan nilai signifikansi sebesar 0,107 > 0,05. Sehingga dalam penelitian ini hipotesis dinyatakan tidak berpengaruh signifikan antara Game Online terhadap interaksi sosial antar mahasiswa di lingkungan perguruan tinggi IAIN Metro Lampung. Karena nilai korelasi atau nilai (R) yang diperoleh adalah 0,164 dan dari output tersebut didapatkan nilai koefisien determinasi atau nilai (R square) yakni sebesar 0,027. Hal tersebut berarti bahwa pengaruh variabel bebas (Game Online) terhadap variabel terikat (Interaksi Sosial) adalah sebesar 2,7% yang termasuk ke dalam kategori rendah.
Kata Kunci: Interaksi Sosial, Game Online
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 01:17 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 01:17 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10078 |
Actions (login required)
View Item |