Rukmana, Astari (2024) Persepsi Siswa Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri 6 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Astari Rukmana_200108005.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Peralihan kurikulum 13 menjadi kurikulum merdeka menuai berbagai persepsi dari berbagai pihak. SMA Negeri 6 Metro merupakan sekolah penggerak pertama di Kota Metro yang menerapkan kurikulum merdeka sejak tahun 2020, sehingga penerapannya sudah berlangsung selama 4 tahun. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 6 Metro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sifat dekriptif, data diambil melalui pengisian angket dengan responden 25 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observais untuk mendukung hasil yang diperoleh. Terdapat tiga indikator untuk mengukur persepsi siswa terhadap penerapan kurikulum merdeka yaitu pemahaman, stimulus, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukan pada indikator pemahaman memperoleh tanggapan responden sebesar 81%, persentase terendah adalah indikator stimulus yang menunjukan tanggapan responden sebesar 77% dan indikator evaluasi masuk kedalam presentase tertinggi yang memiliki jumlah persentase sebesar 83%. Ketiga indikator tersebut masuk kedalam kategori positif, dengan presentase rata-rata sebesar 80% yang menandakan persepsi siswa terhadap penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 6 Metro masuk kedalam kriteria positif.
Kata Kunci : Persepsi Siswa, Kurikulum Merdeka, Mata Pelajaran Biologi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 01:18 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 01:18 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10081 |
Actions (login required)
View Item |