Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Studi Kelayakan Bisnis Kriya Pelepah Pisang dari Pemuda Karang Taruna Desa Tulung Kakan Kecamatan Bumi Ratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah

Agustian, Andri (2022) Studi Kelayakan Bisnis Kriya Pelepah Pisang dari Pemuda Karang Taruna Desa Tulung Kakan Kecamatan Bumi Ratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ANDRI AGUSTIAN - Andri Agustian.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Studi kelayakan bisnis berperan untuk menilai sejauh mana manfaat (benefit) yang dapat diperoleh dalam melaksanakan suatu kegiatan usaha/proyek. Layak atau tidaknya suatu bisnis dapat dilihat dari kebermanfaatannya yakni sosial benefit dan personal benefit. Karang taruna terutama dalan sektor kriya, khususnya pada kerajinan dari pelepah pisang memilik potensi yang cukup besar dalam hal pengembangan. Adapun rumusan masalah yang ingin diteliti yakni bagaimana studi kelayakan bisnis kriya pelepah pisang dari pemuda karang taruna Desa Tulung Kakan kecamatan Bumi Ratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, adapun subjek penelitian ini adalah pemuda Karang Taruna di Desa Tulung Kakan dan Kepala Desa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi dan pengecekan Anggota.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di karang taruna bina karya dapat diambil kesimpulan bahwa para pemuda Karang Taruna tersebut menciptakan sebuah karya yang berbahan limbah dari pelepah pisang yang dapat dimanfaatkan menjadi bisnis berjenis bisnis kriya atau disebut kerajinan tangan. Kegiatan bisnis kriya yang menghasilkan produk berbahan pelepah pisang ini sudah masuk dalam kategori layak sebab sudah memenuhi aspek-aspek studi kelayakan bisnis yang diterapkan dalam beberapa strategi diantaranya aspek produksi, keuangan atau harga barang, manajemen dan sumber daya manusia, pemasaran, teknik, kemanfaatan, hukum, kesempatan kerja, dan aspek lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 09 Sep 2024 00:26
Last Modified: 09 Sep 2024 00:26
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10101

Actions (login required)

View Item View Item