Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pemanfaatan Instagram sebagai Media Dakwah pada Masyarakat Iringmulyo Metro Timur Kota Metro Tahun 2021

Azzahra, Alma (2022) Pemanfaatan Instagram sebagai Media Dakwah pada Masyarakat Iringmulyo Metro Timur Kota Metro Tahun 2021. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ALMA AZZAHRA - Alma Azzahra.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Instagram merupakan salah satu media yang dimanfaatkan Masyarakat Iringmulyo Metro Timur untuk menyampaikan pesan dakwah kepada khalayak umum dan sebagai akses pesan dakwah bagi mahasiswa agar mempermudah dakwah yang di terima oleh mad’u. Permasalahannya adalah dakwah merupakan tugas bagi setiap umat muslim yang dalam menjalaninya tidaklah semudah yang dibayangkan, karena begitu banyak persoalan dan tantangan yang harus dihadapi dilapangan. Oleh karena itu dakwah Islam harus fleksibel, mampu mengikuti perkembangan zaman, perkembangan umat dan budaya umat, harus dikemas dengan menarik.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian ini adalah Masyarakat Iringmulyo Metro Timur yang menggunakan Instagram dan mengakses pesan dakwah di Instagram. Sampel penelitian ditentukan secara random sampling, dimana peneliti memilih sampel dari populasi secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian diketahui bahwa : Instagram memberikan banyak sekali manfaat sebagai media dakwah. Dalam memanfaatkan Instagram sebagai media dakwah bagi Masyarakat Iringmulyo Metro Timur, terdapat 2 macam bentuk pemanfaatan; 1) Pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi, 2) Pemanfaatan Instagram sebagai media dakwah. Kesimpulannya, Instagram dapat dikatakan efektif sebagai media dakwah, jika digunakan dengan baik sesuai syariat Islam. Secara keseluruhan dakwah di Instagram yang merupakan dakwah milenial mampu menciptakan dakwah yang innovatif yang mampu menarik perhatian followers untuk membagikan ke media sosial yang mereka miliki.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:41
Last Modified: 05 Sep 2024 03:41
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10103

Actions (login required)

View Item View Item