Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor-faktor Munculnya Pedagang Pecah Belah di Sekitar Houseware Gembira (Studi di 22 Hadimulyo Barat Metro Pusat)

Kurniasih, Asih (2022) Faktor-faktor Munculnya Pedagang Pecah Belah di Sekitar Houseware Gembira (Studi di 22 Hadimulyo Barat Metro Pusat). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ASIH KURNIASIH - 1702040008 - Asih Kurniasih.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Houseware menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk berwirausaha. Dapat dikatakan wirausaha bagi orang yang di dalamnya terdapat jiwa kreatif dan inovasi yang dapat membangun, mengembangkan, dan menjadikan usaha lebih unggul dari pesaing. Houseware merupakan produk paling penting dalam rumah tangga. Maka tidak heran jika toko-toko yang berjualan peralatan rumah tangga kebanyakan bisa bertahan dalam jangka waktu lama. Dari toko kecil sampai toko-toko besar banyak usahawan-usahawan yang menjual houseware untuk kecukupan ekonomi mereka. Tak jarang pula terlihat toko kecil dan toko besar yang menjual produk sama dengan toko yang bersebelahan bahkan toko-toko kecil tersebut
tersebar mengelilingi toko besar.

Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan penelitian lapangan (field research), sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan induktif data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Dan semua data-data tersebut dianalisa secara induktif. Terdapat sumber yang dirujuk tentang kewirausahaan atau jurnal media online sebagai sumber yang dapat dikaji.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pedagang pecah belah di sekitar Houseware Gembira muncul dengan beberapa faktor pendukung seperti modal usaha, dan faktor penghambat yakni kurangnya membaca peluang pasar, mutu produksi yang rendah, dan terbatasnya kemampuan promosi. Faktor-faktor tersebut dijadikan pertimbangan untuk mengatasi untung rugi yang di dapat oleh pedagang dilihat berdasarkan lokasi, produk, pelanggan, dan sifat saling melengkapi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:27
Last Modified: 05 Sep 2024 03:27
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10104

Actions (login required)

View Item View Item