Nahda, Putri Khanifatun (2024) Peran Asatidz dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Santri di TPQ al-Ikhlas Desa Sambirejo Jabung Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI khanifah - Khanifatun Nahda.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Kualitas pembelajaran sangat ditentukan oleh peran asatidz, peran merupakan kedudukan seseorang dalam suatu sistem. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya peran asatidz dalam mengembangkan metode pembelajaran dalam meningkatkan kualitas belajar santri. Dimana hanya ada dua asatidz yang berperan aktif dalam kegiatan pebelajaran sehingga berkurangnya kualitas pembelajaran anak yang kurang tanggap dalam memahami pembelajaran kurangnya peran asatidz mengakibatkan kurangnya pemahaman santri dalam pembelajaran, peran asatidz sangat penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, seperti dalam menguasai metode, strategi serta banyaknya waktu pembelajaran yang berlangsung pada proses pembelajaran agar hasil pengevaluasian sesuai dengan apa yang diharapkan dengan begitu kualitas pembelajaran dapat dikatakan baik dan berkualitas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dandokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah 2 asatidz yang melakukan pembelajaran di TPQ, dan santri sebagai objek penelitian, sedangkan sumber data skunder adalah kepada TPQ. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan peneliti ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan proses reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan peran asatidz dalam meningkatkan kualitas pembelajaran santri ada enam yaitu peran asatidz sebagai pendidik, sebagai pembimbing, sebagai pengajar,sebagai motivator, sebagai pengarah dan sebagai pengevaluasi pembelajaran. Serta ada dua faktor dalam meningkatkan kualitas pembelajaran santri yakni faktor pendukung dan faktor penghambat, faktor pendukung dalam proses pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pembelajaran santri yaitu adanya siswa yang aktif dalam pembelajaran serta asatidz yang mengelola kelas dan menghidupkan kelas sehingga menjadikan pembelajaran yang menyenangkan kreatif dan efektif. Dan faktor penghambat dalam proses pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pembelajaran santri ada dua yaitu internal dan eksternal, internal yakni kurangnya kemampuan santri dalam mengangkap atau memahami materi yang disampaikan oleh asatidz, dan karakteristik santri yang berbeda-beda. Eksternal yakni tingkatan jilid dan keterbatasan waktu dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 03:23 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 03:23 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10106 |
Actions (login required)
View Item |