Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Pembelajaran Tematik (IPS) Pada Anak Tunagrahita Di Smplb Wiyata Dharma Metro

Suciati, Lucky (2024) Implementasi Pembelajaran Tematik (IPS) Pada Anak Tunagrahita Di Smplb Wiyata Dharma Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Lucky suciati.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan Luar Biasa (PLB) diselenggarakan bagi siswa yang menyandang kelainan fisik dan mental. Tunagrahita atau keterbelakangan mental merupakan suatu keadaan dimana perkembangan kecerdasan mengalami
hambatan sehingga tidak mencapai tahap perkembangan yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran tematik (IPS) pada anak Tunagrahita di SMPLB Wiyata Dharma Metro.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberbman yang meliputi kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bawa Implementasi pembelajaran tematik (IPS) pada anak Tunagrahita di SMPLB Wiyata Dharma Metro sudah terlaksana cukup baik. Perencanaan pembelajaran tematik (IPS) pada anak tunagrahita guru sudah membuat silabus, menyusun RPP, dan menyusun materi pembelajaran. RPP yang digunakan adalah RPP Tematik. Pelaksanaan pembelajaran tematik (IPS) pada anak tunagrahita dilakukan dua kali dalam satu minggu, yaitu hari selasa dan kamis. Dengan alokasi waktu 35 menit setiap satu jam pembelajaran. Pada kegiatan pembelajaran guru menggunakan pendekatan saintifik dengan metode pembelajaran diskusi, tanya jawab, dan praktek. Evaluasi pembelajaran tematik (IPS) pada anak tunagrahita guru menggunakan empat jenis penilaian, yaitu pertanyaan lisan, penilaian tugas harian, penilaian ulangan harian, dan penilaian ulangan semester. Evaluasi pelaksanaan pembelajaran tematik (IPS), setiap guru dilakukan evaluasi atau refleksi di setiap semester oleh kepala sekolah dengan tujuan untuk meningkatkan profesionalisme praktik mengajar.
Kata Kunci: Pendidikan, Tunagrahita, dan Implementasi Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:28
Last Modified: 05 Sep 2024 03:28
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10108

Actions (login required)

View Item View Item