Khoirunnisa, Siti (2024) Pengaruh Media Sosial terhadap Kebiasaan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI-SITI KHOIRUNNISA-2001071029-1 - Siti Khoirunnisa.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa kendala dalam proses pembelajaran di SMP Muhammadiyah 4 Metro, diantaranya siswa lebih banyak menggunakan media sosial untuk hiburan bukan untuk mengakses materi atau keperluan belajar siswa. Adapun media sosial yang sering digunakan pada saat ini adalah Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube, dan media sosial yang lainnya. Salah satu pengguna media sosial sekarang adalah pelajar, karena dengan menggunakan media sosial pelajar dapat dengan mudah berkomunikasi jarak dekat maupun jarak jauh tanpa harus bertatap muka atau bertemu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penggunaan media sosial dan mengetahui kebiasaan belajar di SMP Muhammadiyah 4 Metro serta untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media sosial terhadap kebiasaan belajar siswa SMP
Muhammadiyah 4 Metro. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode angket sebagai metode pokok, dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII yang berjumlah 47 siswa. sampel diambil dengan teknik sampling jenuh dari jumlah keseluruhan sample yaitu 47 siswa kelas VIII. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan persamaan regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil pengelolaan dan analisis data yang telah penulis lakukan menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh yang positif dan signifikan antara media sosial terhadap kebiasaan belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Metro dengan nilai sig. 0,00<0,05. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang telah penulis kumpulkan dalam penelitian ini, selanjutnya yang penulis lakukan adalah menginterprestasikan hasil t hitung dengan harga t tabel. Dari perhitungan tersebut diperoleh harga t hitung lebih besar dari harga t hitung taraf signifikan 5% pada db= 2 yaitu 1,678 sedangkan t hitung sebesar 4, 835 dengan demikian t hitung lebih besar dari t tabel taraf signifikan 5% maka Ho ditolak. Apabila nilai sig. < 0,05, maka ada pengaruh terhadap kedua variable. Namun apabila nilai sig. > 0,05, maka tidak terdapat pengaruh terhadap kedua variabel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 03:26 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 03:26 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10111 |
Actions (login required)
View Item |