Sofina, Dharma Ridha (2022) Upaya Guru IPS Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Bandar Jaya Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI dharma - Dharma Ridha Sofina.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Proses belajar tidak lepas dari hambatan-hambatan yang dialami oleh siswa itu sendiri. Kesulitan belajar merupakan suatu keadaan dalam proses belajar mengajar dimana anak didik tidak dapat belajar sebagaimana mestinya. Kesulitan belajar siswa akan berdampak terhadap prestasi belajar siswa karena untuk memperoleh prestasi yang baik dapat diperoleh dari perlakuan belajar di sekolah maupun di luar sekolah dan atas ketentuan serta usaha siswa dalam belajar. Hal ini juga terjadi dalam belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, oleh karena itu upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS, penting bagi guru dijadikan masukan untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Tingkat pengetahuan siswa sangat rendah dalam memahami mata pelajaran IPS, siswa juga sering bergurau dengan temannya ketika guru menerangkan materi pelajaran, siswa menganggap pelajaran IPS membosankan serta susah di hafal. Guru berupaya membuat langkah-langkah pembelajaran serta metode pembelajaran yang beraneka ragam. Untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. (2) Sebagian besar siswa tidak mengerjakan
tugas yang di berikan oleh gurunya, karena tugas yang di berikan oleh guru menurut siswa membosankan. (3) Siswa kurang memahami materi yang diberikan oleh guru ketika proses pembelajaran. (4) Siswa kesulitan untuk mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru karena siswa tidak memahami materi yang diberikan oleh guru pada saat guru menjelaskan materi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 01:20 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 01:20 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10117 |
Actions (login required)
View Item |