Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Komparasi Model Pembelajaran Konvensional dengan Model Pembelajaran Konstruktivisme Tipe Novick terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Yustika, Finki Okta (2022) Analisis Komparasi Model Pembelajaran Konvensional dengan Model Pembelajaran Konstruktivisme Tipe Novick terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Skripsi Finki Okta Yustika 1701040113 - Finki Okta Yustika.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Belajar mengajar merupakan hal yang paling utama dalam proses pendidikan di sekolah. Belajar mengajar merupakan proses yang terjadi antara guru dan peserta didik. Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang wajib dipelajari di sekolah. Matematika merupakan mata pelajaran yang dapat membangun kecerdasan emosional pada siswa. Sering kali matematika dianggap sebagai pelajaran yang sulit oleh siswa. Pembelajaran matematika tidak hanya menuntut siswa untuk menyelesaikan soal-soal dengan benar atau pun mengajarkan konsep-konsep matematika saja, tetapi juga melatih pola pikir siswa. Salah satu model pembelajaran yang diasumsikan dapat diterapkan untuk membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika adalah Konstruktivisme Tipe Novick. Teori ini mengemukakan bahwa pengetahuan yang dimiliki seseorang merupakan hasil dari pengalaman yang ia bangun sendiri dan sesuai dengan kebutuhannya untuk menemukan kompetensi atau pengetahuan guna mengembangkan dirinya.

Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas siswa serta mengetahui bagamaimana pengaruh model pembelajaran Konstruktivisme tipe Novick terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP N 1 Trimurjo.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian di SMP N 1 Trimurjo. Subyek dalam penelitian ini adalah 26 siswa kelas eksperimen dan 26 siwa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dipakai menggunakan tes Postest.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,11 < 0,05, maka artinya terdapat perbedaan pada model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran konstruktivisme tipe novick terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa SMP N 1 Trimurjo atau dengan kata lain rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada kelas eksperimen lebih baik dari rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 09 Oct 2024 01:23
Last Modified: 09 Oct 2024 01:23
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10124

Actions (login required)

View Item View Item