Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Korelasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTS al-Muhsin Metro

Elbas, Widanty Faddia (2022) Analisis Korelasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTS al-Muhsin Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ELBAS FIX_compressed - Widanty Faddia Elbas (1).pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran Contextual Teaching And Learning yang memiliki langkah pembelajaran, konstruktivisme, masyarakat belajar, menemukan, bertanya, pemodelan, refleksi, dan penilaian autentik dapat diterapkan untuk melihat pengaruhnya terhadap hasil belajar sisw kelas VIII MTs Al Muhsin Metro.

Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif yang berbasis ex-post facto. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu sampel bertujuan, sampel pada penelitian ini kelas VIII C yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Data yang digunakan adalah instrument angket model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dan hasil belajar siswa yang merupakan hasil ulangan harian siswa pada materi statistika. Analisis yang dilakukan ditinjau dari segi validitas isi, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis korelasi dan signifikansi korelasi dengan bantuan program microsoft excel dan SPSS V.25.0.

Hasil analisis diperoleh signifikansi korelasinya memiliki hubungan yang kuat, hal ini ditunjukan dengan hasil perhitungan korelasi dengan menggunakan uji hipotesis korelasi product moment diperoleh hasil nilai korelasi sebesar 0,607 yang berarti terdapat hubungan yang kuat antara kedua variable tersebut, selanjutnya dilakukan uji signifikansi yang menunjukan p-value sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning terhadap hasil belajar siswa, artinya hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 09 Oct 2024 01:25
Last Modified: 09 Oct 2024 01:25
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10126

Actions (login required)

View Item View Item