Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Minat Belajar Menggunakan Pembelajaran Transisi Pandemi-Endemi Covid-19 Siswa Kelas VII SMPN 1 Trimurjo Lampung Tengah

Handayani, Fitria (2022) Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Minat Belajar Menggunakan Pembelajaran Transisi Pandemi-Endemi Covid-19 Siswa Kelas VII SMPN 1 Trimurjo Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI FITRI - Fitria Handayani.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Guru adalah pendidik profesional, karena telah merelakan dirinya menerima dan memikul sebagian tangung jawab pendidikan yang terpikul dipundak orang tua. Salah satu hal yang bisa memengaruhi belajar(pendidikan) seseorang adalah minat. Seseorang yang mempunyai minat terhadap suatu pelajaran dengan sendirinya akan merasa senang dalam mengikuti pelajaran tersebut. Suasana yang seperti ini akan memudahkan materi pelajaran masuk dalam pikiran dan pemahaman siswa, ini bisa terjadi karena dengan adanya minat,sehingga dengan sendirinya mau memusatkan perhatiannya secara intensif terhadap sesuatu yang diminatinya tersebut.

Oleh karena itu, guru sebagai pendidik harus berupaya dalam meningkatkan minat siswa terhadap pelajarannya. Karena tanpa adanya minat belajar terhadap pelajaran yang diajarkan guru, maka siswa akan malas dan pembelajaran yang diberikan guru menjadi kurang optimal. Karena salah satu faktor berjalannya proses pembelajaran yaitu adanya minat belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan (field research) dengan sifat penelitian yakni deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunkan ialah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi teknik. Sedangkan analisis data yakni menggunkan reduksi data,penyajian data, serta penarikan kesimpulan.

Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa pada masa pandemi Transisi pandemic ke endemic covid-19 di SMP N 1 Trimurjo, adalah guru perlu meningkatakan motivas, dorongan, arahan kepada siswa agar memiliki minat belajar yang lebih baik dari masa pandemi covid-19 kemarin, guru perlu lebih extra dari menyiapkan bahan ajar atau materi yang menarik, agar siswa tetap memiliki semangat yang tinggi ketika pembelajaran, terakhir guru pendidikan Agama Islam menggunakan Evaluasi pembelajaran untuk menjadikan tolak ukur sejauh mana minat belajar siswa nya telah mengalami peningkatan jika terdapat masalah yang di alami siswanya maka guru dapat mengetahui serta memperbaikinya, minat belajar siswa di SMP N 1 Trimurjo sudah dikategorikan cukup baik karena presentase berdasrakan pengamatan guru Pendidikan Agama Islam sebesar 70%-80% mengalami peningkatan dan sudah dikatakan cukup baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 09 Oct 2024 01:27
Last Modified: 09 Oct 2024 01:27
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10128

Actions (login required)

View Item View Item