Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Sistem Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa MA Ma'arif 03 Seputih Banyak Kab. Lampung Tengah

Prayoga, Junaidi Arif (2022) Pengaruh Sistem Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa MA Ma'arif 03 Seputih Banyak Kab. Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Skripsi JunaidiArifPrayoga_ - Junaidi Arif Prayoga.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar fiqih adalah perubahan yang tampak tentang hukum-hukum syari’at yang bersifat amaliah yang di peroleh dari dalil-dalil yang rinci menyangkut tindakan orang-orang terkait untuk mematuhi hukum dan menghormati apa yang diharuskan (wajib), dilarang (haram), diperbolehkan (mandub), ditolak (makruh), atau netral (mubah) dengan terjadinya perubahan tingkah lakupada diri siswa yang dapat diamati dan diukur dengan melihat indikasi setelah melakukan kegiatan belajar dalam upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dan dapat dipandang dari dua sisi, yaitu dari sisi siswa dan sisi guru. Salah satu indikasi yang mempengaruhi hasil belajar fiqih adalah tingkat keefektifan dan keberhasilan sistem pembelajaran daring. Jika sistem pembelajaran daring berjalan dengan baik tanpa ada kendala, maka hasil belajar
fiqih siswa juga akan baik. Akan tetapi sebaliknya, jika sistem pembelajaran daring yang diterapkan tidak cocok dengan lingkungan dan tempat belajar siswa serta menemui banyak kendala, maka akan mempengaruhi tingkat keberhasilan
pembelajaran fiqih.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah pengaruh sistem pembelajaran daring terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa MA Ma’arif 03 Seputih Banyak Kab. Lampung Tengah ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh sistem pembelajaran daring terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa MA Ma’arif 03 Seputih Banyak Kab. Lampung Tengah.

Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner dan dokumentasi. Angket atau kuesioner ditunjukan kepada siswa untuk memperoleh data tentang sistem pembelajaran daring yang diterapkan oleh guru. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh nilai hasil belajar siswa yang diambil dari data hasil nilai akhir semester (nilai rapot) dan sejarah berdirinya MA Ma’arif 03 Seputih Banyak, letak geografis, visi, misi dan tujuan, struktur kepengurusan, keadaan guru dan siswa, serta keadaan sarana dan prasarana.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh sistem pembelajaran daring terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa di MA Ma’arif 03 Seputih Banyak. Hal ini terbukti dari hasil analisis data menggunakan rumus korelasi pearson product moment diperoleh harga memperoleh hasil rxy = 0,5949. Pengujian hipotesis dengan menafsirkan besarnya koefisien korelasi yaitu harga thitung lebih besar dari ttabel. Dengan harga ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 1,69552. Jika dibandingkan 5,2066> 1,69552 atau (thitung > ttabel), maka hasil tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak dengan arah hubungan positif dan tingkat pengaruh sedang. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi, sistem pembelajaran daring mempunyai kontribusi atau pengaruh sebesar 35,4% terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa di MA Ma’arif 03 Seputih Banyak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 09 Oct 2024 01:37
Last Modified: 09 Oct 2024 01:37
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10130

Actions (login required)

View Item View Item