Umami, Fitria (2022) Hubungan antara Kebahagiaan dengan Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas X IPA 2 di Madrasah Aliyah Darul A'mal Metro Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Skripsi Fitria Umami FIX - Fitria Umami.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Hasil belajar merupakan perubahan yang baik dari awal hingga akhir pembelajaran. Selain segi fisik keterlibatan siswa dapat juga dengan segi intelektual dan emosional yang berjalan selama proses pembelajaran, dan setelah melakukan pembelajaran tersebut siswa mengalami perubahan secara tidak langsung dan langsung.
Salah satu faktor yang menentukan hasil belajar siswa adalah kebahagiaan. Kebahagiaan merupakan kualitas dari keseluruhan hidup manusia. Kebahagian dapat diraih oleh setiap manusia apabila mereka mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Melalui pemenuhan kebutuhan tersebut, maka secara tidak langsung individu akan merasakan kepuasan batin yang besar sebagai tanda kebahgaian. Kepuasan yang dirasakan oleh seseorang akan membuatnya dapat meenikmati hidup dengan tenang, nyaman dan bahagia.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah hubungan kebahagiaan dengan hasil belajar fikih siswa kelas X IPA 2 di Madrasah Aliyah Darul A’mal Metro Tahun Ajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan kebahagiaan dengan hasil belajar fikih siswa kelas X IPA 2 di Madrasah Aliyah Darul A’mal Metro Tahun Ajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Angket ditunjukan kepada siswa untuk memperoleh data tentang kebahagiaan yang dimiliki siswa selama proses pembelajaran fikih. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada hubungan antara kebahagiaan dengan hasil belajar fikih siswa kelas X IPA 2 Madrasah Aliyah Darul A’mal Metro Tahun Ajaran 2021//2022. Hal ini terbukti dari hasil analisis data menggunakan rumus korelasi pearson product moment diperoleh harga rxy = 0,5308. Pengujian hipotesis dengan menafsirkan besarnya koefisien korelasi yaitu harga thitung lebih besar dari ttabel. Dengan harga ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 1,6939. Jika dibandingkan 3.5861 > 1,6939 atau (thitung > ttabel), maka hasil tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak dengan arah hubungan positif dan tingkat hubungan sedang.
Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi, kebahagiaan mempunyai kontribusi atau hubungan sebesar 28,17% dengan hasil belajar siswa kelas X IPA 2 di Madrasah Aliyah Darul A’mal Metro Tahun Ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 01:47 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 01:47 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10135 |
Actions (login required)
View Item |