Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Pelaksanaan Program Pembelajaran Dan Pola Asuh Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Boarding School MAN 1 Metro

Nisa, Nindi Aulia (2024) Pengaruh Pelaksanaan Program Pembelajaran Dan Pola Asuh Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Boarding School MAN 1 Metro. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS NINDI AULIA NISA - 2271010069.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Pembentukan karakter memainkan peran yang sangat penting dalam keberhasilan hidup seseorang. Pembentukan karakter sangat diperlukan bukan hanya di lingkungan sekolah saja, akan tetapi dalam lingkungan rumah, maupun lingkungan sosial. Dalam kebijakan nasional menegaskan, pembentukan karakter merupakan suatu kebutuhan asasi dalam proses berbangsa dan bernegara. Salah satu faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter adalah lingkungan yang berada pada boarding school. program pembelajaran dan pola asuh menjadi salah satu komponen yang memiliki tugas dan tanggungjawab yang penting.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah pengaruh pelaksanaan program pembelajaran terhadap pembentukan karakter siswa boarding school MAN 1 Metro. Adakah pengaruh pola asuh terhadap pembentukan karakter siswa boarding school MAN 1 Metro. Adakah pengaruh pelaksanaan program pembelajaran dan pola Asuh terhadap pembentukan karakter boarding school MAN 1 Metro.

Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner dan dokumentasi. Angket atau kuesioner ditunjukkan untuk siswa untuk memperoleh data pelaksanaan program pembelajaran, pola asuh dan pembentukan karakter siswa. Sedangkan untuk dokumentasi bertujuan untuk mendapatkan informasi berkaitan dengan sejarah berdirinya boarding school MAN 1 Metro, letak geografis, visi, misi dan tujuan, struktur kepengurusan, keadaan pengasuh dan siswa, serta keadaan sarana dan prasarana.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh variabel x1 (pelaksanaan program pembelajaran) dan varabel y (pembentukan karakter siswa), perhitungan diperoleh Uji T sebesar 4,459 > Ttabel 2,069 dan nilai sig 0,00 < 0,05 berarti ada pengaruh yang positif sigifikan pada pelaksanaan program pembelajaran dalam pembentukan karakter siswa. Kemudian hasil analisis berkepengaruhan variabel x2 (pola asuh) dan varabel y (pembentukan karakter siswa), perhitungan diperoleh hasil Uji T sebesar 2,417 > Ttabel 2,069 dan nilai sig 0,009 < 0,05 berarti ada pengaruh yang signifikan antara pola asuh dan pembentukan karakter siswa. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa tingginya pelaksanaan program pembelajaran dan pola asuh yang optimal maka semakin terbentuk
pula karakter siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 09 Oct 2024 01:50
Last Modified: 09 Oct 2024 01:50
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10138

Actions (login required)

View Item View Item