Wulandari, Innaya Nur (2021) Implementasi Pembelajaran Modul dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa PelajaranPendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Negeri 1 Kotagajah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI LENGKAP - Innaya nurwulandari.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Modul adalah suatu bahan ajar pembelajaran yang isinya relatif singkat dan spesifik yang disusun untuk mencapai tujuan pembelajaran. Modul berfungsi sebagai sarana belajar yang bersifat mandiri sehingga siswa dapat belajar sesuai dengan kecepatan masing-masing oleh sebeb itu modul pembelajaran pasti sangat diperlukan dalam pembelajaran di kelas serta diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas. Adapun rumusan masalah yang peneliti ajukan dalam penelitian ini yaitu : Adakah pengaruh pembelajaran modul terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kotagajah? Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran modul dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Spiral PTK. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali putaran (siklus). Setiap pertemuan menggunakan langkah-langkah: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian ada 20 orang, instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, soal pretest dan postest dan tes hasil belajar. Data tentang keaktifan siswa diperoleh melalui observasi kelas dan dianalisis untuk membandingkan tingkat keaktifan siswa pada setiap siklus. Data tentang hasil belajar diperoleh melalui pretest dan postest kemudian dianalisis untuk membandingkan hasil belajar pada setiap siklus.
Hasil penelitian menujukan bahwa penggunaan modul pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibuktikan dengan peningkatan Penggunaan modul pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kotagajah dengan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 65% dan pada siklus II sebesar 95% atau mengalami peningkatan sebesar 30%. Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa pengunaan modul pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kotagajah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 02:45 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 02:45 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10142 |
Actions (login required)
View Item |