Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Group to Group pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII B di UPTD SMPN 10 Metro

Ramadhan, Mutiara (2022) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Group to Group pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII B di UPTD SMPN 10 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI MUTIARA BAB 1-5 (1) - Mutiara Ramadhan.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Hasil belajar siswa yang rendah merupakan wujud dari berbagai masalah yang muncul dari kegiatan pembelajaran. Hasil belajar yang rendah pada pelajaran IPS ditandai 70 % siswa yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Metode yang digunakan belum bervariasi yaitu dengan menggunakan metode ceramah, sehingga hasil belajar siswa belum maksimal. Siswa cenderung pasif, hanya sebagian kecil siswa yang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis tertarik untuk melakukan upaya peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar IPS siswa kelas VII B UPTD SMP N 10 Metro sebanyak 20 siswa dengan menerapkan metode Group To Group. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), peneliti bertindak sebagai pendidik dan pendidik mata pelajaran sebagai observer. Pembelajaran dilakukan selama 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Metode pengumpulan data menggunakan tes tertulis, lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan metode dokumentasi.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah penerapan metode Group To Group dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII B UPTD SMP N 10 Metro?. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS setelah menerapkan metode Group To Group di kelas kelas VII B UPTD SMP N 10 Metro.

Berdasarkan hasil analisis dari penelitian dapat diketahui bahwa dengan penerapan metode Group to Group hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Siklus I hasil belajar siswa mencapai ketuntasan 75% pada siklus II mencapai 100% atau ada peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 35%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Group to Group dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Peningkatan ini merupakan implikasi dari peningkatan aktivitas belajar siswa. Pendidik merasa
puas atas penerapan metode Group to Group, dan siswa merasa lebih bersemangat dalam mengikuti Pembelajaran. Peneliti menyarankan untuk sekolah agar memberikan motivasi kepada para pendidik untuk dapat menerapkan Group to Group khususnya pada pendidik mata VII B UPTD SMP N 10 Metro.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 11 Oct 2024 00:56
Last Modified: 11 Oct 2024 00:56
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10153

Actions (login required)

View Item View Item