Estikomah, Maulinda (2022) Implementasi Pola Asuh Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini di TK Nurul Huda Adirejo Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI MulindaEstikomah_1701030025-1 - Maulinda Estikomah.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Banyak sekali orang tua menggunakan pola asuh otoriter dimana orangtua mendidik anak dengan paksaan dan anak merasa terkekang apabila waktunya anak istirahat tetapi orangtua memaksa untuk belajar dan orangtua yang selalu
melarang ini dan itu, akibatnya anak menjadi takut untuk mencoba hal baru tersebut. Oleh sebab itu mendidik anak harus dengan cara yang baik bagi orangtua agar bermanfaat untuk anak-anak. Adapun pertanyaan peneliti yaitu :1)
Bagaimana peran pola asuh orang tua yang dibatasi oleh pola asuh demokratis, otoriter dan permisif terhadap motivasi belajar anak usia dini di TK Nurul Huda Adirejo Lampung Timur ? 2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi pola asuh orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini Nurul Huda Adirejo Lampung Timur ?
Adapun tujuan dari peneliti yaitu : untuk mengetahui implementasi pola asuh orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini di TK Nurul Huda Adirejo Lampung Timur dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pola asuh orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini di TK Nurul Huda Adirejo Lampung Timur.
Adapun jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan analisis deskriptif, yang mengambil lokasi di TK Nurul Huda Adirejo, Lampung Timur. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penyimpulan data. Dan untuk menguji keabsahan menggunakan triangulasi sumber.
Hasil yang diperoleh oleh peneliti di lapangan, dapat disimpulkan bahwasanya Implementasi pola asuh orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini di TK Nurul Huda Adirejo Lampung Timur telah berjalan dengan baik. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Faktor penghambat yaitu : 1) faktor internal yang berasal dari dalam diri sendiri baik itu fisik maupun mental, 2) faktor eksternal yang berasal dari lingkungan sosial (guru,dan teman-teman), faktor lingkungan non sosial (sekolah, rumah).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 00:59 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 00:59 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10155 |
Actions (login required)
View Item |