Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transfering) pada Materi Program Linear

Wijayanti, Novia (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transfering) pada Materi Program Linear. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Skripsi Novia Wijayanti NPM.1701040010 PRODI. TMTK - Novia Wijayanti.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya bahan ajar yang digunakan peserta didik dalam pembelajaran matematika sebagai bahan ajar pendukung lainnya dan proses pembelajaran matematika yang hanya mengajarkan prosedur atau langkah pengerjaan soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis REACT, bagaimana kelayakan pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis REACT, bagaimana respon peserta didik dan pendidik terhadap pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis REACT.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini, produk yang dikembangkan oleh peneliti yaitu modul pembelajaran matematika berbasis REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transfering) pada materi program linear. Penelitian ini menggunakan model
pengembangan Borg and Gall yang kemudian diringkas menjadi 7 tahapan dalam proses pengembangannya, yaitu: (1) Research and Information Collecting, (2) Planning, (3) Development of Preliminary Form of Product, (4) Preliminary Field Testing, (5) Main Product Revision, (6) Main Field Testing, (7) Operational Product Revision. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian pengembangan ini yaitu, Penilaian ahli materi 1 adalah 3,95 dengan kategori layak dan ahli materi 2 adalah 4,00 dengan kategori layak. Penilaian rata-rata ahli materi adalah 3,975 dengan kategori layak. Penilaian ahli media 1 adalah 4,65 dengan kategori sangat layak dan ahli media 2 adalah 4,00 dengan kategori layak. Penilaian rata-rata ahli media adalah 4,325 dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji coba produk melalui kelompok kecil sebanyak 15 orang siswa SMA Muhammadiyah 1 Metro memperolehh skor ratarata 4,11 dengan kategori menarik dan penilaian untuk respon pendidik memperoleh skor rata-rata 4,70 dengan kategori sangat menarik. Dengan demikian, modul pembelajaran matematika berbasis REACT dapat digunakan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 15 Oct 2024 02:25
Last Modified: 15 Oct 2024 02:25
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10168

Actions (login required)

View Item View Item