Anjani, Risa (2022) Peningkatan Perilaku Moral Anak Usia Dini Menggunakan Metode Bercerita melalui Buku Cerita Bergambar di TK Ma'arif 3 Bumiharjo Batanghari Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI RISA ANJANI - Risa Anjani.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Perilaku moral anak usia dinidi TK Ma’arif 3 Bumiharjo Batanghari Lampung Timur belumberkembang secara maksimal terutama dalam berperilaku sopan santun dan saling menghormati sesama.Berdasarkanpermasalahan tersebut, penulis tertarik untuk meningkatkan perilaku moral anak usia dini menggunakan metode bercerita melalui buku cerita bergambar di TK Ma’arif 3 Bumiharjo Batanghari Lampung Timur. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Perilaku Moral Anak Usia Dini dapat Meningkat Menggunakan Metode Bercerita melalui Buku Cerita Bergambar di TK Ma’arif 3 Bumiharjo Batanghari Lampung Timur”. Adapun tujuannya penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan perilaku moral anak usia dini melalui metode bercerita menggunakan buku cerita bergambar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan menggunakan 2 siklus, setiap siklusnya dilaksanakan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 19 anak kelompok B1 di TK Ma’arif 3 Bumiharjo Batanghari Lampung Timur, yang terdiri dari 13 laki-laki dan 6 anak perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan dua analisis diantaranya analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku moral anak usia dini dapat meningkat menggunakan metode bercerita melalui buku cerita bergambar di TK Ma’arif 3 Bumiharjo Batanghari Lampung Timur. Hal tersebut dapat dilihat dari siklus I anak yang berkembang sangat baik (BSB) ada 3 anak dengan persentase 15,7%, berkembang sesuai harapan (BSH) ada 3 anak dengan persentase 15,7%, mulai berkembang (MB) ada 7 anak dengan persentase 36,8%, dan belum berkembang (BB) ada 6 anak dengan persentase 31,5%.Siklus II terdapat anak yang berkembang sangat baik (BSB) ada 15 anak persentase 80%,berkembang sesuai harapan (BSH) ada 1 anak persentase 5,2%, mulai berkembang (MB) ada 3 anak persentase 15,7%, dan belum berkembang (BB) tidak ada. Dengan demikian proses pelaksanaan tindakan kelas yang telah penulis lakukan di TK MA’ARIF 3 Bumiharjo Batanghari Lampung Timur kelompok B1 yaitu bahwa perilaku moral anak sudah mencapai kategori Berkembang Sangat Baik yaitu ada 15 anak dengan persentase 80%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 02:58 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 02:58 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10177 |
Actions (login required)
View Item |