Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Media Sosial dalam Menjaga Eksistensi Dakwah Pasca Pandemi Covid-19 di Komunitas Ayo Cinta Masjid Kota Metro

Aprilia, Siska (2022) Peran Media Sosial dalam Menjaga Eksistensi Dakwah Pasca Pandemi Covid-19 di Komunitas Ayo Cinta Masjid Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI SISKA APRILIA - Siska Aprilia.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Peran Media sosial dalam menjaga eksistensi dakwah pasca pandemi covid-19 dilatarbelakangi karena meningkatnya jumlah pengguna media sosial selama masa pandemi hingga menjadi suatu kebiasaan yang melekat pada Masyarakat khususnya anak-anak muda sampai saat kondisi pasca pandemi, adanya media sosial berperan dalam menyampaikan dakwah pasca pandemi, media sosial digunakan sebagai sarana dakwah yaitu untuk mempublikasikan halhal yang berkaitan tentang pengetahuan Islam yang dapat memberikan manfaat bagi para pengguna media sosial.

Penelitian ini dilakukan di Komunitas Ayo Cinta Masjid Kota Metro dan bertujuan untuk mengetahui peran media sosial dalam menjaga eksistensi dakwah pasca pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian lapangan (field research) bersifat kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan ketua komunitas ayo cinta masjid, pengurus harian, ketua divisi brootherhood and tawheed, tiga anggota komunitas, dan tiga jamaah komunitas ayo cinta masjid, sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal, dokumen dan lainnya. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya dalam menjamin keabsahan data atau uji validasi data, peneliti menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Langkah terakhir, peneliti menggunakan teknik analisa data/verifikasi data dengan reduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan data atau verifikasi data.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial Komunitas Ayo Cinta Masjid berperan penting dalam menyampaikan dakwah pasca pandemi. Instagram, youtube dan facebook Komunitas Ayo Cinta Masjid aktif membagikan kegiatan dakwah serta video-video kajian dan mendapatkan respon yang baik dari para pengikut akun media sosial Ayo Cinta Masjid, hal ini terbukti dari jumlah pengikut per 30 November 2022 yang mencapai 16.869 pengikut, jumlah tayang dari video-video mencapai 185.100 kali tayang, dan jumlah suka mencapai 45.702 suka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 06 Nov 2024 03:12
Last Modified: 06 Nov 2024 03:12
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10185

Actions (login required)

View Item View Item