Lestari, Yesiana (2022) Pengaruh Pembelajaran Aswaja terhadap Karakter Religius Peserta Didik di MI Nahdlatul Ulama (MINU) Purwosari Metro Utara Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI YESIANA LESTARI NPM. 1801010117 - Yesiana Lestari.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Aswaja atau ke-NUan merupakan mata pelajaran yang menekankan pada pembentukan peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT serta berakhlakul karimah sesuai dengan prinsip dasar ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah. Mata pelajaran aswaja diajarkan di sekolah atau madrasah di lingkungan Lembaga Pendidikan Ma’arif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ―Apakah ada pengaruh pembelajaran aswaja terhadap karakter religius peserta didik di MI Nahdlatul Ulama (MINU) Purwosari Metro Utara Kota Metro?"
Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran aswaja terhadap karakter religius peserta didik di MI Nahdlatul Ulama (MINU) Purwosari Metro Utara Kota Metro. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode angket dan metode dokumentasi. Metode angket digunakan untuk memperoleh nformasi/data dari responden, jenis angket adalah angket tertutup yaitu angket yang jawabannya sudah disediakan. Metode angket digunakan untuk memperoleh data dari variabel X dan Y dengan 20 item pertanyaan. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus pearson product moment.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ―Ada pengaruh pembelajaran aswaja terhadap karakter religius peserta didik di MI Nahdlatul Ulama (MINU) Purwosari Metro Utara Kota Metro‖. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluh siswa kelas V di MI Nahdlatul Ulama (MINU) Purwosari Metro Utara yang berjumlah 109 siswa yang terdiri dari 4 kelas yaitu A,B,C dan D.
Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis data dengan rumus pearson product moment yang berhasil dikumpulkan, maka dalam penelitian ini ditunjukkan hasil rhitung 0,767. Dapat diketahui bahwa rhitung 0,767 dan rtabel 0,349 dengan taraf signifikan 5%, artinya rhitung > rtabel, maka hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran aswaja terhadap karakter religius peserta didik di MI Nahdlatul Ulama (MINU) Purwosari Metro Utara Kota Metro.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 02:56 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 02:56 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10195 |
Actions (login required)
View Item |