Budiono, Wahyu (2022) Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SD Negeri 4 Metro Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI WAHYU BUDIONO NPM 1701050093 - Wahyu Budiono.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu yang dapat mendorong sekolah dalam mewujudkan visi, misi, tujuan, dan sasaran sekolah melalui program-program yang dilaksanakan. Kepala sekolah idealnya dapat menjadi role model bagi para guru maupun para siswa. Peran ini hanya dapat dilakukan oleh kepala sekolah yang professional, memiliki perilaku yang baik dan pantas ditiru oleh siswa dan guru dalam konteks pengembangan moral, akademik, maupun keterampilan. Hubungan positif antara guru dan kepala sekolah adalah faktor penentu keberhasilan lembaga termasuk sekolah. Kepemimpinan kepala sekolah memiliki peran yang signifikan terhadap perkembangan kompetensi profesional guru.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SD Negeri 4 Metro Barat. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SD Negeri 4 Metro Barat. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru SD Negeri 4 Metro Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Alat pengumpul data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SD Negeri 4 Metro Barat diantaranya yaitu seorang kepala sekolah berperan sebagai edukator (pendidik), kepala sekolah berperan dalam memberikan suri tauladan kepada peserta didik, kepala sekolah bereperan sebagai administrator, kepala sekolah berperan sebagai supervisor, kepala sekolah berperan sebagai motivator, dan kepala sekolah juga berperan sebagai inovator untuk semua guru dan seluruh warga sekolah sudah baik namun kurangnya kesadaran dari sebagain kecil guru sehingga kompetensi profesional guru kurang maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 07:55 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 07:55 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10197 |
Actions (login required)
View Item |