Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pelajaran Akidah Akhlak Di MI Terpadu Darul Ulum Lempuyang Bandar

Herawati, Rita (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pelajaran Akidah Akhlak Di MI Terpadu Darul Ulum Lempuyang Bandar. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS RITA HERAWATI - 2271010074 - PAI.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Sebuah pengembangan pendidikan yang menjadikan hal baru dalam meningkatkan pendidikan secara mandiri untuk memperoleh peningkatan kualitas karakter peserta didik, dengan adanya pergantian sebuah perencanaan proses pembelajaran yang baru yaitu kurikulum merdeka belajar. Kurikulum merdeka belajar secara bertahap perlu adanya penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui langkah-langkah pembelajaran kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak dan faktor pedukung serta faktor penghambat kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Lokasi yang diteliti yaitu MI Terpadu Darul Ulum Lempuyang Bandar Kecamatan Way Pengubuan Kabupaten Lampung tengah. Dengan subjek penelitian meliputi, Kepala Madrasah, Wakil Kepala Kurikulum, dan Guru Akidah Akhlak kelas 4. Hasil penelitian Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MI Terpadu Darul Ulum yaitu pertama, pada tahap perencanaan guru perlu memilih media belajar yang tepat dan maksimal untuk peserta didik sesuai ketersediaan sarana dan prasarana madrasah. Kedua, tahap pelakasanaan pembelajaran kurikulum merdeka belajar guru belum melaksanakan projek P5 dan PPRA, kemudian media pembelajaran yang sudah disediakan oleh madrasah digunakan dengan baik, seperti pembelajaran materi menggunakan LCD Proyektor serta menggunakan media belajar yang aplikatif sesuai dengan perkembangan zaman. Ketiga, tahap evaluasi pembelajaran dalam penilaian belum maksimal dan juga tentunya belum ada penilaian projek P5 dan PPRA karena pada pelaksanaan pembelajaran P5 dan PPRA belum terlaksana.

Kata Kunci: Kurikulum Merdeka Belajar, Mata Pelajaran Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 06 Nov 2024 02:33
Last Modified: 06 Nov 2024 02:33
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10206

Actions (login required)

View Item View Item