Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hubungan Antara Implementasi Marketing Mix dengan Peningkatan Omzet Lembaga Keuangan Syariah

Nurvitasari, Asih (2018) Hubungan Antara Implementasi Marketing Mix dengan Peningkatan Omzet Lembaga Keuangan Syariah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI ASIH NURVITASARI NPM. 13102374.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Strategi pemasaran adalah memilih dan menganalisa pasar sasaran yang merupakan suatu kelompok orang yang ingin dicapai oleh perusahaan dan menciptakan suatu bauran pemasaran yang cocok dan dapat memuaskan pasar sasaran tersebut. Manajemen pemasaran yang baik akan memberikan hasil yang baik untuk bisnis yang dijalankan. Usaha pemasaran tentu memiliki tujuan agar mendapatkan penghasilan. Barang yang telah terjual nantinya diharapkan menghasilkan laba yang sesuai dengan diharapkan oleh penjual. Adapun pertanyaan penelitian dalam penelitian ini yaitu Bagaimana hubungan antara marketing mixdengan peningkatan omzet BMT Cendrawasih Metro dan BMT Nurul Husna Pekalongan.

Data penelitian ini dihimpun melalui data primer yaitu wawancara kepada manajer BMT Cendrawasih Metro dan manajer BMT Nurul Husna Pekalongan serta bagian marketing dari kedua BMT tersebut, sedangkan data sekunder yaitu bahan-bahan pustaka yang berhubungan dengan penelitian.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa peningkatan omzet dipengaruhi beberapa faktor yaitu kemampuan penjual, kondisi pasar, modal, faktor lain berupa periklanan dan pemberian hadiah. Dalam empat faktor tersebut tentu tidak lepas dari peran marketing mix, karena marketing mixmemiliki empat faktor yang terpenting untuk meningkatkan omzet. Mulai dari pengenalan produk, penetapan harga atau penetapan bagi hasil dalam BMT, penetapan lokasi pemasaran, dan promosi untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas. Data rekap angsurn pembiayaan BMT Cendrawasih menunjukkan peningkatan dana masuk di tahun 2015 hal ini menunjukkan keberhasilan dari marketing mixyang diterapkan. Sedangkan pada BMT Nurul Husna terjadi penurunan di tahun 2015 akibat dari kurangnya promosi dari para marketing yang ada di BMT tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 16 Jan 2020 09:07
Last Modified: 16 Jan 2020 09:07
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1022

Actions (login required)

View Item View Item