Khoiriyah, Nas'atul (2022) Optimalisasi Promosi Produk Sabun UKM dalam Upaya Meningkatkan Minat Konsumen (Studi pada Usaha Kerja Mandiri Pondok Pesantren Darul A'mal Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Skripsi_Nas'Atul Khoiriyah_1804040069 - Nas'atul Khoiriyah.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Usaha kerja mandiri yang dilakukan Pondok Pesantren Darul A’mal Metro dalam mengembangkan usahanya belum bisa dikatakan berhasil dalam pemasarannya. Permasalahan yang ada dari awal berdirinya produk usaha ini masih sama sampai sekarang yaitu kurangnya minat konsumen terhadap produk sabun UKM. Produk yang diproduksi di Pondok Pesantren ini hanya diperjual belikan di Pondok Pesantren dan sekitarnya saja, karena minimnya fasilitas yang diberikan Pesantren dalam mengembangkan strategi promosi produk. Kurangnya minat konsumen disebabkan oleh strategi promosi yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Darul A’mal seperti advertising, personal selling, sales promotion, public relations, dan direct marketing belum optimal secara keseluruhan.
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan optimalisasi promosi dengan cara menganalisis promosi yang sudah diterapkan Pondok Pesantren Darul A’mal Metro dan menyusun strategi promosi yang sesuai untuk dapat meningkatkan daya saing produk sabun UKM dengan merek-merek terkenal lainnya, sehingga kedepannya dapat meningkatkan minat konsumen produk bukan hanya santri dan masyarakat sekitar namun masyarakat luas. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pengelola usaha produk, konsumen dan masyarakat sekitar. Dokumentasi digunakan untuk mendukung data-data yang peneliti dapatkan di lapangan.
Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu, dengan cara memperbaiki penerapan strategi promosi seperti diadakannya pembuatan banner dan brosur dalam periklanan (advertising) selanjutnya melakukan promosi penjualan melalui alat promosi seperti pemberian potongan harga atau hadiah promosi penjualan (sales promotion). Pengoptimalan promosi melalui strategi promosi yang sudah diterapkan memberikan dampak positif untuk kemajuan Pondok Pesantren karena melalui produk sabun UKM tersebut Pondok Pesantren Darul A’mal mampu mengembangkan bisnisnya dan Karena dengan informasi yang jelas dan baik mengenai produk usaha mandiri Pondok Pesantren Darul A’mal mampu menarik minat konsumen terutama santri dan masyarakat luas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 01:36 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 01:36 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10224 |
Actions (login required)
View Item |