Dermawan, Rio (2024) Kepuasan Penggunaan Aplikasi Mobile BMT Terhadap Kepercayaan Anggota BMT Di Kota Metro (Studi pada KSPPS BMT Artha Buana Metro dan KSPPS BMT As-Syafi’iyah Berkah Nasional Kantor Cabang Metro). Masters thesis, IAIN Metro.
PDF
TESIS RIO DERMAWAN - 2171040035 - ESy.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Aplikasi mobile BMT merupakan tools yang digunakan oleh lembaga untuk memberikan kemudahan bertransaksi yang dilakukan anggota layanan di BMT. Hal ini adalah upaya yang dilakukan BMT, dalam menjaga, dan semakin memperbanyak anggota layanan. Aplikasi mobile BMT merupakan manifestasi dari sikap akuntabilitas BMT, terhadap proses pencatatan, dan pelaporan yang dipertangungjawabkan. Kepuasan merupakan perpaduan dari rasa nyaman, dana aman. Terkait pelayanan yang ada di BMT, dan merasa aman ketika menggunakan jasa yang ada di BMT. Aplikasi mobile BMT, sebagai upaya untuk terus berusaha memberikan kepercayaan pada anggota. Dengan tujuan supaya lembaga BMT bisa tetap survive, dan bermanfaat. BMT terus berupaya memberikan pelayanan yang prima, utnuk bisa menghadirkan kepuasan anggota. BMT juga berharap, lembaga ini bisa terus mendapatkan kepercayaan yang hakiki, pada seluruh lapisan masyarakat dan khususnya yang sudah menjadi anggota BMT.
Penelitian ini merupakan jenis lapangan field research (kualitatif) dengan objek penelitian pada KSPPS BMT Artha Buana Metro, dan KSPPS BMT As-Syafi’iyah Berkah Nasional (ABN) Kantor Cabang Metro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah, wawancara, dan dokumentasi. Untuk melihat apakah ada keterkaitan kepuasan penggunaan mobile BMT terhadap kepercayaan anggota BMT. Selain itu, untuk melihat bagaimana proses yang di lakukan oleh BMT Artha Buana Metro, dan BMT ABN, dalam menerapkan aplikasi mobile pada masing-masing BMT. Apa saja yang dibutuhkan untuk penggunaan aplikasi mobile BMT, berapa biaya yang harus dikeluarkan, dan hambatan apa yang terjadi pada proses konversi dari sistem yang lama ke aplikasi mobile BMT.
Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi mobile BMT, beririsan dengan kepuasan anggota yang punya implikasi terhadap percaya anggota BMT. Aplikasi mobile BMT sangat dirasa cukup untuk membantu, mempermudah setiap terjadinya transaksi antara anggota dengan lembaga BMT. Aplikasi BMT juga diangap sebagai simbol dalam akuntabilitas lembaga. Sebab setiap transaksi yang ada, tercatat dan dibukukan secara rapih. Sistematis, dan dapat dilaporkan secara realtime. Aplikas mobile BMT juga dirasa bisa mengurangi tindakan fraud karyawan, akibat laporan yang direkayasa (dipalsukan). Meskipun bagi BMT ada biaya timbul yang tidak sedikit, yang disesuaikan dengan masing-masing jasa aplikasi. Jumlah kantor, dan butuh waktu yang tidak sebentar untuk proses penyesuian, dari iii sistem lama konversi ke aplikasi mobile. Aplikasi mobile BMT dianggap sangat perlu, untuk bisa digunakan oleh seluruh BMT yang saat ini masih survive, dan bertumbuh. Hal ini dalam upaya terus menjaga marwah BMT yang ada di indonesia, khususnya di Lampung, dan utama-nya di kota Metro.
Kata kunci : Aplikasi Mobile BMT, Kepuasan, Kepercayaan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 02:26 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 02:26 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10227 |
Actions (login required)
View Item |